Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghapus Bloatware Windows 10

Saat pertama kali kita melakukan instalasi Windows 10, biasanya sudah banyak sekali software bawaan (UWP) dari Microsoftnya sendiri, misalkan saja Xbox, Messaging, dan bahkan beberapa Game seperti CandyCrushSaga. 


Tentunya kawan kawan, ketika banyak software dan bloatware seperti itu, bukan hanya menjadi beban terhadap system saja karena RAM dan Disk Usagenya terpakai, namun useless aja karena enggak digunakan juga. Nah berkaitan hal ini, saya akan sedikit membahas, Cara Mudah Menghapus Bloatware Windows 10. Check This Out!

Cara Paling Simpel

Pertama, kamu buka Powershell as Admin, lalu masukan perintah berikut:

iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://git.io/debloat'))

Sehabis itu, akan ada DebloaterGUI yang muncul, dan klik pada Remove All Bloatware jika ingin menghapus semuanya, namun jika ada yang mau disisakan, klik pada Customize Blacklist, dan pilih aplikasi yang akan disisakan, selanjutnya klik Remove Bloatware With Customize Blacklist.


Cara Manual - Download Debloater

Langkah pertama adalah, kamu wajib download Debloater dari link Github pada tombol download dibawah, dengan debloater ini, kamu bisa dengan mudah menghapus semua Bloatware Windows 10 yang gak berguna. 


Klik aja Download seperti pada gambar diatas.


Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu Extract paket Debloater tadi, lalu silahkan kamu buka Windows Powershell > Masuk ke directory dimana debloater tadi tersimpan. 


Jika sudah masuk ke Directory, kamu ketikan perintah berikut: 

Set-ExecutionPolicy Unrestricted -Force

Setelah selesai, masukan perintah berikut:

 .\Windows10DebloaterGUI.ps1

Jika kedua perintah tersebut sudah kamu lakukan, maka secara otomatis akan muncul aplikasi seperti pada gambar berikut. 


Dari sini yang perlu kamu lakukan cukup klik saja Remove All Bloatware, dan program akan menghapus semua bloatware secara otomatis. 


Selesai deh, silahkan saja cek apakah Bloatware sudah terhapus? jika belum silahkan ulangi langkah terakhir, namun jika sudah, selamat, kamu sudah berhasil.

Nah bagaimana mudah sekali bukan? langkah diatas, hanya saya rangkum dari sumber resminya di link Github, jika kamu kurang mengerti atau mengalami kegagalan, silahkan berikan komentarmu dibawah. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Mudah Menghapus Bloatware Windows 10"