Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Elementary OS 5.0 Juno


Karena saya suka dengan Elementary OS, dan sekaligus sebagai bagian dari dokumentasi apa saja yang defaultnya saya ubah di system operasi ini, pada kesempatan kali ini saya akan menulis dan membagikan hal apa saja yang perlu dilakukan setelah instalasi Elementary OS Juno, langkah ini berlaku juga untuk Elementary OS 5.1 Hera karena masih sama sama Elementary OS versi 5. 

Terminal Command (Wajib)

Berikut adalah beberapa terminal command yang wajib banget digunakan ketika selesai melakukan instalasi Elementary OS baik itu di perangkat PC, Laptop atau Virtual Machine sekalipun. 

Update System dan Repository

Untuk melakukan update atau pembaruan repository, kamu bisa menggunakan perintah sudo apt-get update, sedangkan untuk pembaruan build os, kamu bisa menggunakan perintah sudo apt-get dist-upgrade. 

Namun karena linux itu keren, kamu bisa menggabungkan kedua perintah berikut dengan perintah dibawah ini. 
sudo apt update && sudo apt-get dist-upgrade



Menghapus Aplikasi Mail dan Browser Bawaan

Karena saya kurang suka dengan browser dan mail client bawaan yang memang dari segi fitur kurang lengkap dan bahkan untuk Mail, harus menonaktifkan system keamanan pada Gmail jika ingin terkoneksi dengan baik maka saya rasa cukup baik untuk menghapusnya. 

Untuk menghapus kedua aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan perintah berikut:
sudo apt purge epiphany-browser epiphany-browser-data
sudo apt purge pantheon-mail

Melakukan Instalasi Gnome Software

Pada dasarnya App Center di Elementary OS juga sudah cukup baik, namun saya tidak bisa menyangkal bahwa banyak sekali aplikasi lain yang tersedia di Ubuntu Gnome Software Center, selain itu salah satu alasan kamu harus melakukan instalasi aplikasi ini adalah integrasi dengan Snapd dan Flatpak sangat bagus. 

Untuk melakukan instalasi, kamu cukup masukkan saja perintah berikut didalam terminal.
sudo apt-get install software-properties-gtk


Install Elementary Tweak

Kebetulan artikelnya sudah saya buat, dan kamu bisa masuk ke halaman berikut

Install Media Codec Pelengkap

Ada beberapa format media yang tidak bisa dibuka, dan kamu harus menginstall Codec berikut agar semua media dapat kamu buka dengan normal tanpa ada masalah. 
sudo apt install ubuntu-restricted-extras libavcodec-extra ffmpeg

Terminal Command (Opsional)

Setelah perintah dasar dan wajib seperti yang sudah saya tunjukkan diatas, ada beberapa perintah opsional yang dapat kamu ikuti sesuai dengan kondisi perangkat kamu, dan berikut adalah diantaranya. 

Melakukan Instalasi Laptop Support

Untuk meningkatkan daya tahan battery dan suhu laptop, kita bisa mengaktifkan laptop support, dimana ketika fitur ini diaktifkan, secara otomatis, cpu load akan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan perangkat. 

Untuk melakukan instalasi, silahkan kamu masukkan beberapa perintah berikut secara berurutan. 
sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update 
sudo apt-get install tlp tlp-rdw

Sedangkan untuk memulai aplikasi, kamu dapat menjalankannya dengan perintah berikut: 

sudo tlp start

Melakukan Perbaikan Jika Repository Ada Yang Rusak

sudo apt-get install -f

Menghapus dan Membersihkan Cache Instalasi Terminal

sudo apt autoremove
sudo apt autoclean

Nah itu saja mungkin beberapa langkah yang perlu kamu lakukan ketika pertama kali selesai melakukan instalasi Elementary OS, selanjutnya kamu bebas mau melakukan apa, mau install tema sudah bisa, karena Elementary Tweak sudah terinstall, mau install browser, dan lainnya dapat kamu install via Ubuntu Software Center, pokoknya bebas deh gimana kamu aja.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang baru akan memulai menggunakan Elementary OS, mohon maaf jika ada kekurangan dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

*Artikel diperbarui pada 28 Oktober 2020 agar dapat lebih mudah dipahami dan dibaca. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Elementary OS 5.0 Juno"