Kenapa Saya Pake VirtualBox?

Dari sekian banyaknya penggunaan Software yang selalu saya gunakan sehari hari, VirtualBox merupakan salah satu yang paling sering saya gunakan, kenapa saya juga pake VirtualBox dibandingkan dengan VMWare? nah pertanyaan itu mungkin akan sedikit saya bahas pada artikel kali ini. 

Image : Austin Diesel Via Unsplash

Gratis

Yap salah satu alasan utamanya adalah karena gratis, dibandingkan dengan VMWare, yang untuk versi full dengan tool lebih lengkapnya yaitu VMWare Workstations, VirtualBox itu gratis namun dengan fitur yang bisa dibilang powerfull. 


Saat ini, sehari hari saya menggunakan VirtualBox dengan versi "VirtualBox-6.0.10-132072", dan selalu saya update seiring perkembangan yang diberikan pihak pengembang. 

Multi Platform

Alasan kedua adalah dikarenakan VirtualBox itu bisa digunakan dihampir semua System Operasi, saat ini saya sering menggunakan Windows 10, namun kadang saya beralih ke Elementary OS sebagai OS kedua saya, dan tentunya Workflow saya banyak dilakukan di VirtualBox (Windows 7) untuk keperluan ngoding dan development.

Image : Brina Blum Via Unsplash
Nah dengan kemudahan itu, saya bisa menyimpan file VirtualMachine saya di Drive External, jadi misalkan saya pulang ke rumah dan ingin menggunakan virtual machine yang saya miliki, saya tinggal langsung aja colokan External Drive dan langsung buka Virtual Box, meski saya pake Windows 10, Windows 7, atau Elementary OS sekalipun.

Performa Mantap!

Selain itu, entah emang perasaan saya aja, tapi menjalankan Virtual Machine di VirtualBox terasa lebih ringan, berbeda banget ketika pake VMWare. Apalagi jika saya menggunakan Hostnya adalah Linux, wah mantap deh. 

Image : Ă‰mile Perron Via Unsplash
Nah diatas mungkin adalah beberapa alasan saya kenapa saya pake VBox, mungkin juga ada yang akan bertanya? kenapa harus di VBox? untuk menjalankan beberapa software? jawabannya adalah, karena saya males banget kalo Primary OS yang saya gunakan ada Virusnya, terakhir kali saya menggunakan Primary OS untuk keperluan development, saya harus melakukan Reinstal Windows karena ada Virus yang menyisip via Windows Subsystem For Linux. 

Nah sekian dulu, semoga sedikit bermanfaat dan sedikit menghibur, terima kasih dan sampai jumpa. 

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Kenapa Saya Pake VirtualBox?"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel