Linux CentOS 8 Dirilis - Berbasis Red Hat Enterprise 8!

Proyek CentOS kemarin mengumumkan perilisan dan ketersediaan umum sistem operasi open-source CentOS Linux 8.0 untuk semua arsitektur yang didukung.

Image : Arian Via Unsplash

Ditengah perilisan CentOS Linux 7.7 , CentOS Linux 8 sekarang tersedia secara resmi, berdasarkan source dari sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 8, yang berarti dia hadir dengan semua fitur baru yang hebat dan perangkat tambahan untuk era cloud hybrid.

Yang menjadi sorotan pada perlisan ini mencakup dukungan untuk Applications Stream, yang terdiri dari kerangka kerja yang bergerak cepat, bahasa pemrograman, dan alat pengembang yang sering diperbarui, kemampuan administrator sistem untuk mengotomatisasi tugas-tugas kompleks dengan lebih mudah, serta dukungan bawaan untuk OpenSSL 1.1. 1 dan TLS 1.3 standar kriptografi.

CentOS Linux 8 juga disertai dengan peningkatan untuk mendukung arsitektur ARM dan POWER, manajer paket YUM berbasis DNF, Python 3 secara default, sistem kontrol versi yang diperbarui, termasuk Git 2.18, Mercurial 4.8, dan Subversion 1.10, dukungan untuk Desktop Environment GNOME 3.28 , dan dukungan enkripsi disk LUKS2 di installer Anaconda. Selain itu Fitur penting lain dari rilis CentOS Linux 8 adalah BPF Compiler Collection (BCC), sebuah alat baru untuk membuat program pelacakan dan manipulasi kernel yang efisien, fitur Berkeley Packet Filtering (eBPF) di kernel, dan alat Image Builder untuk membuat gambar sistem yang disesuaikan.

Komponen Yang Diperbarui Apa Aja?

CentOS Linux 8 hadir dengan banyak komponen yang diperbarui, di antaranya kita dapat menyebutkan PHP 7.2, Ruby 2.5, Perl 5.26, SWIG 3.0, MariaDB 10.3, MySQL 8.0, PostgreSQL 10, PostgreSQL 9.6, Redis 5, Apache 2.4, nginx 1.14 , Squid 4.4, dan Varnish Cache 6.0.

Jika kamu tertarik untuk mencoba CentOS 8 ini, kamu bisa masuk dan mendownloadnya melalui link dibawah ini:

0 Response to "Linux CentOS 8 Dirilis - Berbasis Red Hat Enterprise 8!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel