Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Perbaiki Waktu Yang Ngaco Pada Dual Boot Windows dan Linux

Jika kamu adalah pengguna yang melakukan dual booting Windows  dan Linux, Biasanya Windows 10 akan mengalami jam yang error dan ngaco, Misalkan saat kalian login ke Elementary OS kemudian reboot dan masuk ke Windows, maka waktu akan kacau, biasanya akan berbeda beberapa jam. Meskipun timezone nya sudah benar dan diotomatiskan, dan waktu sudah diperbaiki, kejadian itu akan terus terulang jika kalian login ke system Linux.

Image : Icon8 via Unsplash

Penyebab?

Hal ini disebabkan karena secara default, Windows mengasumsikan waktu disimpan dalam waktu lokal, sementara Linux mengasumsikan waktu disimpan dalam waktu UTC. Hal ini tentu akan membuat bingung si hardware saat terjadi perpindahan sistem operasi.

Cara Memperbaki

Caranya sebenarnya cukup simpel yang mana adalah kita harus menyamakan maintain hardware clock si Linux maupun Windows. Dan kali ini saya akan mengubahnya dari Linux saja, karena saya males ngedit Regedit di Windows 10.

Langkah pertama, kamu buka Terminal, dan masukan perintah berikut:

timedatectl set-local-rtc 1 --adjust-system-clock
Selanjutnya masukan perintah berikut untuk melakukan check terhadap perubahan yang sudah dilakukan.  

timedatectl
Dan selesai, sekarang ketika kamu masuk ke Windows atau ke Linux, kedua jamnya akan sama, karena sekarang si Linux akan mengikuti Windows menggunakan local time.

Nah semoga bermanfaat, dan terima kasih.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Perbaiki Waktu Yang Ngaco Pada Dual Boot Windows dan Linux"