Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS Juno

Sebagai pengguna elementary os, kadang saya agak sedikit kesel juga karena beberapa fitur penting malah ilang, sebut saja Indicator System Tray, yang mana sangat penting untuk menunjukan aplikasi apa aja yang dibuka dibackground.


Yap elementary os memang minimalis banget, bahkan aplikasi bawaannya aja gak banyak, sebelumnya saya sudah membagikan tutorial tentang Cara Menambahkan System Indicator di Elementary OS, dan sekarang saya akan membagikan tutorial Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS, karena sekali lagi, linux itu bebas mau diapain aja. hehehe

Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS

Pertama, kamu buka Terminal, dan tambahkan repo berikut:

sudo add-apt-repository ppa:yunnxx/elementary
Lanjutkan dengan melakukan update repo dan instal aplikasinya.

sudo apt update
sudo apt install indicator-application wingpanel-indicator-ayatana
Selanjutnya, jika aplikasi sudah terinstal, kita harus memasukan konfigurasinya agar aplikasi tadi bisa berjalan sempurna. Didalam terminal, masukan perintah berikut:

sudo nano /etc/xdg/autostart/indicator-application.desktop
Setelah itu, tambahkan konfigurasi seperti gambar berikut


Konfigurasinya adalah : Menambahkan Pantheon; tepat disebelah GNOME; pada OnlyShowIn=Unity;GNOME; Sehingga konfigurasi akhirnya adalah menjadi seperti OnlyShowIn=Unity;GNOME;Pantheon;
Nah setelah selesai, kamu simpan, dan lakukan Reboot system Elementary OS kamu, dan setelah itu silahkan lihat hasilnya.


 Tepat seperti gambar diatas, saya sedang membuka Slack, Telegram dan Whatsapp. Nah bagaimana menurutmu terkait hal ini? silahkan berikan komentarmu dibawah guys.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS Juno"