Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi FN + F9 Tidak Berfungsi Pada Laptop ASUS


Beberapa minggu lalu, saya mengalami masalah dimana tombol functions atau FN di keyboard laptop saya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, masalah yang terjadi berupa kombinasi tombol FN + F9 untuk menyalakan dan mematikan Asus Touchpad tidak bisa digunakan. 

Setelah mencari berbagai informasi dari sana sini, akhirnya masalah dapat diselesaikan dengan solusi perbaikan yang sangat sangat mudah sekali. 

Penyebab Masalah

Hal ini disebabkan adanya update driver yang secara otomatis diberikan Windows 10 pada perangkat laptop ASUS yang kita gunakan, yang dalam kasus ini adalah Asus Smart Gesture. Direkomendasikan pengguna untuk tidak melakukan update via Optional Update di Windows Update, terlebih pada Asus Smart Gesture, karena dengan hal itu dapat menyebabkan beberapa fungsi keyboard dan touchpad tidak berfungsi dengan baik. 

Cara Memperbaiki

Untuk memperbaiki masalah, kamu perlu melakukan update driver ATK Package, dimana kamu perlu mendownloadnya via link berikut

Pada halaman tersebut, silahkan sesuaikan ATK Package sesuai dengan type perangkat Asus yang kamu gunakan, dan selanjutnya silahkan kamu pilih pada versi yang paling baru. 


Setelah kamu selesai melakukan download, selanjutnya silahkan kamu install seperti biasa, setelah selesai, jangan lupa untuk restart perangkat kamu. 

Setelah langkah diatas dilakukan, dalam kasus saya, itu berhasil mengatasi masalah dan selanjutnya tombol kombinasi FN + F9 dan lainnya kembali dapat digunakan dengan baik seperti sebelumnya. 

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengatasi FN + F9 Tidak Berfungsi Pada Laptop ASUS"