Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Sertifikasi Microsoft Technology Assosiate

Halo, kali ini saya akan sedikit sharing aja dan berbagi pengalaman selama saya kuliah dulu. Saya kuliah jurusan Teknik Informatika di Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, ya bukan kampus terkenal sih, dan salah satu kampus swasta di Bandung. 


Selama masa kuliah dulu, saya mengikuti beberapa ujian keahlian atau bisa disebut juga dengan sertifikasi keahlian, salah satunya adalah Microsoft Technologi Assosiate (MTA), nah untuk sertifikasi ini, saya mengambil yang Database Fundamentals, karena memang sesuai dengan jurusan saya sebagai seorang calon programmer. 

Harga

Yang paling penting dulu, berapa harganya?. Nah kebetulan acara ini diadakan oleh Ketua Jurusan S1 Teknik Informatika, dikampus saya sendiri, harganya cukup murah untuk penulis dan mahasiswa seperti saya, yaitu sekitar Rp650.000.


Jadwal dan Latihan

Jadwal dan latihan yang diberikan pihak penyelenggara yaitu kampus saya sendiri itu adalah sekitar 3 hari (kalo gak salah), dua hari untuk latihan dan satu hari ujian. Nah karena berhubungan waktu itu saya sudah masuk ke semester 7, maka sebagian pembahasan materi yang dilatihankan pun sudah saya terima, misalkan seputar pemahaman dasar database, lebih tepatnya SQL Query, dan seluruh fungsinya. Pokoknya sih mudah kalo pas belajar. Pelaksanaan latihan diadakan pukul 19.00 WIB sampai selesai. 

Ini pas latihannya

Ujian dan Test

Nah untuk jadwal test sertifikasinya sendiri diadakan satu hari setelah latihan terakhir, dan diadakan secara online. Kalo gak salah testingnya melalui Certiport Console. Waktu ujiannya sendiri sekitar 2 Jam (kalo gak salah ya, soalnya saya lupa), dan berisi soal sekitar 50. Setiap soal itu berbahasa Inggris, dan tidak semuanya pilihan Ganda, ada juga soal dengan metode pencocokan data. 

Selama proses pengerjaan, kami diberikan PC khusus yang memang sudah terinstal software dari certiportnya, sehingga tidak bisa dan tidak boleh menyontek dan melakukan copy paste, dan disana juga ada pengawasnya. Mirip ujian Nasional secara online, hanya saja soalnya kayaknya lebih susah daripada saat latihan dilakukan. Jujur saja, hanya 30 % Soal yang diajarkan keluar, sisanya berisi pertanyaan SQL Query, Fungsi fungsi Sintax, dan lain lain yang memang sih secara umum para programmer pasti menemukan hal tersebut. Bagi saya kesulitannya adalah 50/50 alias standar saja. 

Sayangnya pas Ujian, saya gak foto, karena saya fokus sama ujiannya. 😥 maafin ya. 

Hasil Test dan Sertifikat

Setelah ujian selesai, baik kita telah menekan tombol selesai, atau waktu sudah habis, Nilai akan langsung keluar, dan disanalah waktu paling deg degan selama masa sertifikasi guys. Bahkan ketika saya menekan tombol selesai, mata saya tutup. wkwkwk

Namun alhamdulillah, saya lulus dengan nilai 74, gagal saja 3 soal, saya gagal mendapatkan sertifikat MTA dan uang yang dikeluarkan akan hilang begitu saja. Berikut adalah sertifikasi MTA yang saya dapatkan. 


Atau Kamu bisa melihat sertifikat saya dengan masuk ke alamat berikut: Certiport MTA Certificate, lalu masukan kode berikut untuk ngecek Sertifikat saya : wmChP-4Smo

Saran Bagi Kamu!

Nah bagi kamu yang mungkin akan menjalani ujian yang sama, saya sarankan untuk lebih memahami sesuatu yang bersifat umum, jangan hanya mempelajari sesuai dengan modul yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Karena nih soal yang keluar itu kadang beda banget dengan apa yang diajarkan.  
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Pengalaman Sertifikasi Microsoft Technology Assosiate"