Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simplification (Seni Menyederhanakan Hidup)



Untuk menyederhanakan hidup, kita perlu melakukan 3 hal :

1. Menyederhanakan Tujuan

Menyederhanakan tujuan artinya kita perlu fokus ke satu tujuan yang paling berdampak dalam hidup kita dan mengabaikan tujuan lainnya. Mengabaikan disini bukan berarti dilupakan begitu saja, catat dan simpanlah (kalau saya mencatat dalam sebuah buku kecil dan di aplikasi sticky notes) catat dan simpan dalam wishlist.

2. Menyederhanakan Komitmen

Menyederhanakan komitmen artinya mengurangi beban yang kita pegang saat ini. Tidak berjanji jika tidak mampu untuk memenuhi janji tersebut. Dengan mengatakan tidak pada hal-hal yang menyimpang dari tujuan kita, akan mengurangi peran dan tanggung jawab kita sehingga lebih optimal pada peran yang menjadi fokus kita. (Saya setiap hari membuat sebuah catatan dalam aplikasi sticky notes untuk merencananakan apa saja yang akan dikerjakan hari ini).

3. Menyederhanakan Arus Informasi

Menyederhanakan arus informasi artinya melindungi otak kita dari berbagai informasi yang mendistraksi kita. (Saya baru-baru ini memutuskan untuk hanya memakai whatsapp, instagram, dan twitter hanya di jam tertentu saja).

Sumber : evazahra.com

Reza M Firmansyah
Reza M Firmansyah Perkenalkan nama saya Reza M Firmansyah, temukan saya di instagram @r.e.z.a.m.f dan di twitter @firrez97. Terimakasih.

Post a Comment for "Simplification (Seni Menyederhanakan Hidup)"