Menyederhanakan Hidup (Productivity Hack Part 5)

Kita hidup di dunia penuh distraksi dan banjir informasi, kita lebih banyak menerima informasi yang belum tentu berguna dan bermanfaat bagi hidup kita. Satu-satunya cara untuk tetap menjalani hidup yang waras adalah memilih secara sadar hal apa saja yang akan masuk ke kepala kita.

Leo Babauta, penulis buku The Power of Less, menyarankan agar kita melakukan hal-hal berikut:

1. Membuat batasan


Kuncinya adalah membuat batasan, batasi apa yang masuk ke kepala kita. Batasi apa yang kita kerjakan, batasi informasi yang akan kita terima. Dengan membatasi apa pun yang akan masuk ke kepala kita, kita "memaksa" diri kita untuk fokus ke hal yang penting dan berdampak besar bagi hidup. Kunci dari menyederhanakan hidup adalah dengan membuat batasan.

2. Memilih hal-hal yang esensial dan eliminasi hal-hal nonesensial

Langkah selanjutnya adalah memilih hal esensial dan eliminasi hal nonesensial.
Apa kriterianya? Sederhana, penting untuk diperhatikan dan berdampak besar bila dilakukan. Fokuskan pikiran kepada hal esensial, kurangi atau bahkan buang aktivitas yang nonesensial.

Sumber : Lokerjakarta.co.id


3. Berlatih fokus

Dengan berlatih fokus, hidup kita akan sederhana. Fokuskan kepada apa yang penting, fokuskan pada tujuan yang berdampak besar, fokus melakukan satu tugas dalam satu waktu. Lawan dari fokus adalah terdistraksi, melakukan banyak hal dalam satu waktu.

4. Menciptakan kebiasaan baru

Langkah terakhir adalah buat kebiasaan baru. Jika kita senang untuk menulis, maka mulailah menulis, mulailah dengan satu paragraf perhari atau mulailah dengan menulis 10 menit perhari. Mulailah dari hal yang mudah, sedikit dan kecil. Mulailah kebiasaan baru untuk memastikan bahwa kita berinvestasi di hal-hal esensial dalam hidup kita.



Sumber : 80 Inspirasi Untuk Mendongkrak Produktifitas Pribasi (Productivity Hack)

0 Response to "Menyederhanakan Hidup (Productivity Hack Part 5)"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel