Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Aplikasi Tetap Terbuka Setelah Shutdown atau Restart di Windows 10

Pada Windows 10, pengguna diberikan sebuah fitur atau opsi untuk tetap membuka aplikasi yang saat ini sedang berjalan ketika shutdown atau restart. Namun fitur ini bukan memasukan aplikasi kalian ke folder startup melainkan aplikasi yang sedang berjalan sebelum restart/shutdown akan berjalan kembali secara otomatis. Kalo kalian adalah pengguna MacOS udah gak asing lagi dengan fitur ini. 


Nah untuk melakukan atau mengijinkan aplikasi tetap berjalan meskipun kalian akan melakukan restart dan shutdown, kalian harus mengikuti langkah berikut:

Langkah 1. Kalian masuk ke Settings > Account > Sign-in Options > pada bagian Privacy pastikan Use my sign -in info to automatically finish setting up my device and reopen my apps after an update or restart kalian hidupkan.


Langkah 2. Jika kamu ingin membuka kembali aplikasi yang sekarang kamu buka ketika proses shutdown / restart selesai, sebelum kamu melakuan shutdown / restart jangan menutup aplikasi tersebut, dan langsung saja kamu klik shutdown / restart. 



#Update 30 Oktober 2020 

Fitur baru telah ditambahkan Microsoft sejak Windows 10 2004 atau May 2020 Update, meskipun secara fungsi hampir sama dengan langkah yang saya tunjukan diatas, langkah ini memiliki efektifitas dan fungsi yang menurut saya lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

Berikut langkah alternatif dan tambahan seandainya kamu ingin Membuat Aplikasi Tetap Terbuka Setelah Shutdown atau Restart di Windows 10. 

Langkah 1. Pastikan kamu sudah menggunakan Windows 10 May 2020 Update (2004/Build 19041) atau yang lebih baru. 


Langkah 2. Jika seandainya versi Windows 10 kamu sudah sesuai, silahkan kamu masuk ke Settings > Account > Sign-in Options > Selanjutnya silahkan kamu aktifkan pada bagian "Restart Apps". 


Jika sudah selesai, harusnya dengan langkah diatas, ketika kamu melakukan Restart atau Shutdown dengan tanpa menutup aplikasi, dengan kata lain, langsung klik shutdown saja tanpa ada aplikasi yang ditutup, aplikasi tersebut akan langsung dibuka kembali ketika perangkat dinyalakan. 

Nah sekian artikel kali ini, silahkan dicoba, semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Agar Aplikasi Tetap Terbuka Setelah Shutdown atau Restart di Windows 10"