Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketika Ada Sumber Berita Yang Menghubungi Kamu? - Tips Blogger

Sebagai penulis yang sudah jatuh lumayan dalam kedalam dunia ini, saya sering mengambil beberapa sumber berita dari berbagai sumber paling kredibel yang bisa saya temukan, dan sebagai seorang penulis, tentu saja saya tidak melakukan copy paste karena itu adalah sesuatu yang memang kurang pantas untuk dilakukan, selain itu sebagai penghargaan kita harus memberikan link terkait sumber yang kita ambil. 

Image : Killer Dogma Via Unsplash


Namun apa yang terjadi jika kamu dihubungi oleh pemilik konten asli terkait artikel yang kamu rewrite?

Meminta Maaf 

Jika kamu dihubungi karena kamu lupa tidak menyertakan sumber artikel pihak pertama, jangan lupa untuk meminta maaf, dan jangan lupa untuk segera melakukan pengeditan artikel terkait dan memperbaiki kesalahan kamu. 

Saya sendiri pernah mengalami hal ini, sama seperti yang saya pernah ceritakan dalam artikel saya yang berjudul Copy Paste Atau Rewriting Artikel? Apakah Diperbolehkan?. Jika respon yang kamu berikan baik, meskipun pihak pertama marah, kesel, dan bahkan kurang baik terhadap kamu, kamu akan dimaafkan, dan bahkan kamu bisa saja menjalin pertemanan dengannya. 

Dia Marah dan Ngeblok Saya

Tetap Menerima Kritik Dan Saran Dengan Hati Terbuka

Jika mungkin kamu mengambil sumber artikel dari pihak pertama, dan pihak pertama menemukan sebuah kesamaan dalam kata, dan dia gak suka, kadang pihak kedua akan diberikan sedikit kritik yang lumayan mengagetkan, seperti "i didn't like that" atau "Hope you're not translating some stuff into Indonesia and writing there, I request you to avoid doing that.", nah disini kita jangan berkecil hati, dan kita harus menerima kritik dan saran tersebut dengan hati terbuka, kadang jika respon kita baik juga, maka pihak pertama akan memberikan sedikit saran mengenai hal tersebut, dan kita bisa langsung mengikuti saran itu demi memperbaiki konten kita. 



Kembali lagi, dengan hal tersebut, kita bisa menjalin kerja sama dan bahkan berteman dengan pemilik konten pihak pertama. 



Jaga Tata Krama

Kadang setiap negara memiliki budaya yang berbeda, kita sebagai warga negara Indonesia, bahkan memiliki banyak budaya berbeda juga didalamnya, ada baiknya kita memakai bahasa yang sopan, dan menyenangkan hati ketika dibaca, kadang memang bahasa komunikasi akan terasa sangat sulit apalagi jika tidak menggunakan bahasa Indonesia, tetap jaga nama baik Indonesia, dan tetap membawa kesopanan dan tata krama dalam berbicara. 


Selain itu jangan lupa juga untuk basa basi atau sekedar menanyakan kabar masing masing, sesungguhnya hal tersebut tidak merugikan loh. 

Kesimpulan

Nah intinya dari pembahasa diatas adalah, ketika ada seseorang yang menghubungi kamu atas kesalahan yang telah kamu buat, baik itu disengaja atau tidak, jangan lupa untuk meminta maaf, dan segera memperbaiki masalah tersebut, jangan lupa juga untuk berbicara dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti, jaga juga tata krama, dan ketika diberikan kritik dan saran, ada baiknya kita mendengarkan dengan hati terbuka, karena sesungguhnya kritik dan saran lah yang membuat kita bisa meningkatkan kualitas konten yang diberikan. 

Nah begitu kawan kawan, semoga hal ini bisa dijadikan pelajaran, dan semoga bermanfaat. Untuk nama dan foto diatas saya sensor ya, takutnya malah beliau marah. wkwkwk
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Ketika Ada Sumber Berita Yang Menghubungi Kamu? - Tips Blogger"