Cara Mengatasi ERROR 2003 (HY000): Can't connect to MySQL server on localhost (10061)

Kali ini saya akan share sebuah tutorial dan mungkin akan menjadi dokumentasi saya ketika saya tua dan lupa karena mungkin suatu saat saya akan mengalami masalah yang sama, yaitu ERROR 2003 (HY000): Can't connect to MySQL server on localhost (10061) di MySQL Server di Windows.


Nah sebelumnya saya disini tidak menggunakan XAMPP atau WAMPP, namun saya menginstal komponen Apache, Mysql, PHP dan phpMyAdmin secara manual. Disini saya menggunakan Windows 7 Pro sebagai Mesin yang saya gunakan untuk pekerjaan saya sebagai Web Developer, dan tentunya masalah seperti ERROR 2003 (HY000): Can't connect to MySQL server on localhost (10061) merupakan salah satu masalah system yang kadang ngeselin. 

Saya yakin sebagian akan langsung skip tulisan diatas, dan berikut langsung saja langkah langkah untuk mengatasi masalah ini. 

Langkah 1. Buka RUN Command, dan ketikan "services.msc" tanpa tanda kutip. 


Langkah 2. Selanjunya cari MySQL, klik kanan > Properties.


Pada tab general kamu akan menemukan bagian service status dan disana langsung saja kamu klik Start. Tepat seperti pada gambar diatas, jika sudah selesai, silahkan kamu buka dan login kembali ke MySQL kamu, dan seharusnya sekarang masalah sudah selesai. 


Thats it, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Mengatasi ERROR 2003 (HY000): Can't connect to MySQL server on localhost (10061)"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel