Cara Perbaiki Night Light Windows 10 Yang Gak Berfungsi

Pada Windows 10 1809 dan 1903, dulu sempat terjadi sebuah masalah pada Night Light yang mana beberapa perangkat Intel dan AMD tidak bisa mengaktifkan fitur Windows 10 tersebut. Seharusnya untuk Windows 10 1809 dan 1909 yang sudah menginstal Cumulative Update sejak bulan Juli 2019 sudah tidak lagi mendapati masalah ini, karena Microsoft sudah memperbaikinya. 


Namun ada kasus kadang masalah masih muncul, nah bagi kamu yang masih mendapati masalah ini, kamu patut mencoba beberapa langkah berikut. 

Update Windows 

Karena masalah terjadi akibat Bug, pastikan kamu melakukan Update Windows 10, dan setelah update lakukan Restart.

Update Driver / Reinstal Driver

Nah bagi kamu pengguna Intel dan AMD, kamu bisa mencoba untuk melakukan update driver internal kamu, misalkan IntelHD atau AMD, kamu bisa masuk ke device manager > display adapter > klik pada perangkat vga kamu > klik update driver. 


Jika kamu tidak menemukan adanya driver terbaru, silahkan kamu reinstal driver dengan klik Uninstall Device, dan selanjutnya instal kembali driver kamu dari situs perangkat yang kamu gunakan. 

Catatan : Langkah ini berhasil pada perangkat saya, jika kamu tidak berhasil, kamu bisa melanjutkan pada langkah berikutnya. 

Disable Enabled Night Light Dari Beberapa Opsi

Kamu bisa melakukan Enabled, lalu Disabled kan kembali fitur Night Light baik melalui Actions Center, atau Settings, silahkan kamu coba, karena ada berbagai lokasi berbeda untuk mengaktifkan dan mematikannya. 




Pada laptop saya ketika masih menjalankan Windows 10 1903 dulu, masalah tidak berfungsinya Night Light adalah jika diaktifkan melalui Actions Center, namun jika diaktifkan melalui Settings, maka fitur ini berjalan normal. 

Cara Lain?

Hmm saya sih berhasil pada langkah pertama, dan langkah kedua juga berhasil, mungkin langkah ketiga adalah dengan melakuan Reinstal Windows, namun saya tidak menyarankannya. Kamu bisa mencoba dulu langkah 1 dan 2, jika masih gagal jangan putus harapan dan langsung melakukan reinstal Windows 10. karena kemungkinan itu adalah masalah incompatibilty antara device kamu dan Windows 10, kamu bisa menggunakan alternatif seperti Flu.x, atau aplikasi lain, Atau kamu bisa menunggu perbaikan dari Microsoft selanjutnya Windows 10 edisi terbaru. 

0 Response to "Cara Perbaiki Night Light Windows 10 Yang Gak Berfungsi"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel