Fitur Baru Pada Elementary OS 5.1 Hera!

Beberapa waktu lalu, sudah lama rasanya saya gak pake lagi Elementary OS, karena sekarang pekerjaan saya kebanyakan harus menggunakan Windows 10. Dan setelah sekian lama, ada update baru yang cukup besar, sekitar 500 MB, untuk paket Update System, dan Update Aplikasi lain yang saya install di Elementary OS Juno yang saya gunakan.

Setelah selesai melakukan upgrade seperti biasa, kita diminta untuk melakukan restarting OS dan ketika selesai, karena saya belum tahu ada update apa, saya kaget lah, kenapa ada welcome screen yang sama seperti pas saya clean install os ini.


Selain itu beberapa konfigurasi pada Application Menu juga kembali seperti semula, beruntungnya Tema, dan konfigurasi lain dalam aplikasi masih sama seperti sebelumnya.


Setelah cukup terkejut, saya coba cek aja versi elementary os yang baru saja mendapatkan update ini, melalui Settings > About. Dan ternyata versinya sudah menjadi 5.1 Hera, bukan 5.0 Juno lagi.

Kenapa 5.1? 

Elementary OS 5.1 Hera mengambil pondasi yang sama dengan Juno memanfaatkan repositori dan library sama tetapi dibangun di atasnya dengan pengalaman yang disempurnakan. Ini hampir mirip dengan Windows 10 1909 yang mana adalah versi penyempurnaan dari Windows 10 1903. 

Selain itu berdasarkan dokumentasi dari Elementary OS Team, versi 5.1 Hera adalah puncak dari pekerjaan team selama setahun terakhir yang dikemas dalam satu pembaruan yang kohesif. Dengan demikian, angka 5.1 menyatakan bahwa ini adalah pembaruan besar, tetapi bukan versi yang sepenuhnya baru (yang biasanya muncul setiap dua tahun). Namun, itu masih cukup signifikan, sehingga pantas mendapatkan nama dan identitasnya sendiri.

Hera is the culmination of our work over the past year packaged up into one cohesive update. (cassidy james)

Fitur Baru Yang Ditambahkan

Nah berdasarkan halaman Blog Elementary OS, ada beberapa fitur baru yang ditambahkan pada versi 5.1 Hera ini, dan diantaranya adalah sebagai berikut:
  • A brand new Greeter and Onboarding experience
  • Flatpak support with Sideload and AppCenter
  • Major updates around accessibility and System Settings
  • Iterative improvements across several apps
  • The latest hardware enablement and support
Dan mari kita bedah apa saja fitur baru tersebut, berhubungan akhirnya Team Elementary OS sudah memposting artikel yang menjelaskan apa saja yang baru di Elementary OS 5.1 Hera.

1#. Login Screen 

Login yang baru dirancang ulang dan terlihat sudah memperbaiki banyak masalah yang dilaporkan dengan login sreen sebelumnya termasuk masalah fokus, masalah HiDPI, dan lokalisasi yang lebih baik.

via : Elementary OS

Desain baru di Hera adalah tanggapan terhadap umpan balik pengguna dari Juno, dan memungkinkan beberapa fitur baru yang bagus. Dan pada versi ini, akan selalu menampilkan nama pengguna untuk semua pengguna, menampilkan latar belakang pengguna dengan tampilan card sehingga pengguna dapat lebih mudah menemukan akun mereka yang mungkin belum menetapkan avatar unik, Selain itu kini akan memberi tahu kapan Caps atau Num Lock aktif, dan membuat "Login as Guest" lebih istimewa ketika diaktifkan.

2#. Wellcome Screen / Onboarding Baru

Kini ketika kamu selesai melakukan update kamu akan mendapatkan pengalaman Onboarding yang bekerja sangat baik untuk pengguna yang baru dibuat pada instalasi yang ada, juga. Ketika fitur utama baru mendarat di OS dasar, Onboarding juga dapat digunakan untuk memperkenalkannya kepada pengguna yang ada apa saja perubahan yang dimasukan.



3#. App Center
Pada Elementary OS 5.1 Hera, pengalaman menggunakan App Center juga meningkat dimana sekarang proses load 10x lebih cepat dibandingkan dengan Elementary OS 5.0 Juno, tentunya ini adalah hal yang menarik sekali untuk diperhatikan.

Pada App Center juga sekarang sudah ditingkatkannya kinerja di seluruh aplikasi dan melakukan lebih banyak tugas secara paralel, yang mengarah pada penggunaan memori yang lebih rendah dan pengalaman lebih cepat yang menyeluruh. Dan yang paling keren adalah sekarang pengguna bisa menjelajahi aplikasi yang di-cache dan uninstall saat offline

Selain itu untuk membuat lebih banyak aplikasi lebih mudah ditemukan di App Center, developer elementary os telah meningkatkan dan menambahkan beberapa kategori baru di Hera. Mereka juga telah memperbaiki masalah yang dilaporkan termasuk yang terkait dengan validasi email, visibilitas aplikasi yang tersedia, dan gaya tombol. Dan karena Hera dibangun dari fondasi yang sama dengan Juno, semua aplikasi App Center yang dirilis sejauh ini untuk Juno akan secara otomatis tersedia di Hera.

4#. Accessibility

Selain itu ada beberapa perubahan pada system settings dan behavior yang digunakan, yang mana sejumlah panel pengaturan sistem telah disempurnakan, dimerge, dan / atau diperluas, termasuk panel untuk Bluetooth, Sound, dan Display. Selain itu ada penekanan khusus pada peningkatan aksesibilitas (misalnya, mendukung peringatan visual di samping yang dapat didengar, dan opsi untuk mengabaikan touchpad saat mouse terhubung.

Tidak banyak memang, karena seperti biasa, ketika ada update minor seperti ini Dokumentasi yang diberikanpun bisa dibilang sangat terbatas, namun pada Elementary OS 6 nanti, kemungkinan akan ada sangat banyak sekali fitur keren yang akan ditambahkan, karena sekali lagi, Elementary OS berbasiskan Ubuntu LTS, yang mana Ubuntu 20.04 akan menjadi versi LTS berikutnya.

Baca Juga :

Dari fitur baru yang ditambahkan, yang paling cocok dan bermanfaat untuk kita ketahui adalah sekarang sudah ditambahkannya Flatpak Support dengan Sideload dan AppCenter.

Flatpak bagi yang belum tahu adalah teknologi open source yang memungkinkan developer untuk mengirimkan aplikasi ke desktop yang berbeda dengan cara yang lebih aman dan menghargai privasi bagi pengguna. Selama setahun terakhir, Flatpak telah benar-benar matang sebagai teknologi yang telah mengarahkan team elementary os untuk berkomitmen pada masa depan Flatpak untuk ekosistem AppCenter mereka.

Selain Flatpak, pengalaman Sideload App juga sekarang semakin menyenangkan dimana sekarang sangat mudah untuk menginstal Sideload App, dan bahkan Sideload menjelaskan implikasi menginstal aplikasi termasuk ukuran download potensial dan jika itu akan menambahkan remote yang mungkin berisi aplikasi lain.

Sebenarnya ada banyak fitur baru yang dimasukan, seperti dukungan kamera yang lebih baik, calender yang sekarang makin optimal, dan penambahan fitur pada Terminal, Code, dan File, masih banyak lagi yang perlu untuk di rekap dan diperhatikan. Namun sekian saja dari saya, karena sebagian besar fitur yang hadir hanya peningkatan Minor saja, dan tidak terlalu saya gunakan.

Kamu bisa mengunjungi halaman dokumentasi Elementary OS berikut, dan kamu juga bisa join grup telegram penggemar elementary os disini. 

Bagi kamu yang belum mencoba atau tertarik untuk mencoba, silahkan Download Elementary OS 5.1 Hera ditombol Download dibawah ini.

0 Response to "Fitur Baru Pada Elementary OS 5.1 Hera!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel