Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Browser Opera Selalu Error Interrupted Network Error Ketika Download?

Salah satu pertanyaan saya selama menggunakan Opera adalah adanya sebuah masalah dengan proses download, yang bukan hanya sekali, namun berkali kali. 



Beberapa kali saya mencoba mendownload file berukuran lebih diatas 2GB, dan selalu gagal di 1.7GB atau sekitar 83%, padahal jika saya menggunakan Chrome, dan Edge yang mana sekarang sudah berbasiskan Chromium, tidak ada masalah seperti ini. 

Kenapa Bisa Seperti Ini?

Seperti yang kita ketahui, Opera dibuat berbasiskan Chromium, sama seperti Google Chrome, Edge, dan Vivaldi, hanya saja biasanya Opera merilis versinya lebih lambat dibandingkan saudara beda ibunya. 


Dan seperti dilansir dari situs Quora, masalah  Error Interrupted Network Error Ketika Download merupakan sebuah masalah internal  dari Opera sendiri. 

It's a problem with the Opera browser itself. Its downloader isn't strong enough. What you can do is resume your download. Here Opera excels since unlike Chrome the resume feature in Opera never fails. It always continues downloading from where it left. Just click on the upper right corner, only there will you see the resume option. Otherwise, on the main download page, there is only restart option which no one wants to use I guess. Otherwise, Opera is a great alternative browser. Its free VPN service is amazing. <3
Jika kita perhatikan dan simak dengan seksama pada sebuah jawaban dalam pertanyaan yang berjudul Why is a download being interrupted several times in Opera?, jawaban mengatakan bahwa Downloader yang dibawa dalam Opera masih kurang kuat dan kurang mantap jika dibandingkan dengan yang lainnya, Namun sayangnya, meskipun kita bisa melakukan resume proses download yang gagal, dalam beberapa kasus terutama dari beberapa server download, hal tersebut tidak dimungkinkan dan terpaksa pengguna harus mendownload ulang seluruh komponen file.

Cara Mengatasi Masalah

Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai masalah perbaikan, namun saya sendiri menyarankan pengguna untuk melakukan download menggunakan browser lain, seperti Chrome, dan Edge, atau bisa menggunakan Download Manager seperti Internet Download Manager atau Free Download Manager. 

Kesimpulan

Saya sendiri sangat suka dengan opera, karena berbagai fitur keren yang sudah dibawa out of the box ketika pertama kali kita instal, namun tentunya masalah ini cukup merepotkan, terutama ketika kita ingin melakukan sebuah download file yang cukup besar. Jadi seperti kata saya diatas, saya merekomendasikan pengguna untuk melakukan download menggunakan browser lain, seperti Chrome, dan Edge, atau bisa menggunakan Download Manager seperti Internet Download Manager atau Free Download Manager. Saya sendiri kemungkinan besar akan menggunakan Internet Download Manager dan akan membeli lisensinya bulan Januari 2020 atau Februari, jika kamu mau nitip boleh, kontak saya aja dihalaman kontak berikut

Sekian dan terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Kenapa Browser Opera Selalu Error Interrupted Network Error Ketika Download?"