Masih Layakah Nokia 6.1 Plus di Tahun 2020?

Sebagai pengguna Nokia 6.1 Plus yang hampir satu tahun ini menggunakan perangkat ini sebagai daily driver untuk keperluan komunikasi dan sosial media, saya tidak meragukan performa dan kualitas device yang diberikan Nokia. Karena sampai saat ini perangkat yang saya gunakan masih sangat efektif untuk menjalankan semua pekerjaan saya. 

Nokia 6.1 Plus


Namun pertanyaannya adalah, apakah perangkat Nokia 6.1 Plus ini yang notabenenya dirilis pada akhir 2018 lalu masih layak untuk digunakan di tahun 2020?, yang mana itu mungkin merupakan tahun terakhir bagi perangkat ini untuk mendapatkan dukungan Android 10 nanti. Karena seperti yang kita ketahui perangkat Nokia 6.1 Plus merupakan salah satu jajaran device yang didukung dalam program Android One yang akan mendapatkan hingga 2 kali dukungan update mayor android, mulai dari Android 8.1, 9.0 sampai dengan Android 10. Oke langsung saja, mari sedikit ulas bagaimana perangkat yang saya gunakan ini? 

Spesifikasi

Saya sekarang menggunakan Nokia 6.1 Plus dengan RAM 4 GB dan Internal 64 GB, selain itu saya pasangkan MicroSD 128GB yang tentunya sudah sangat mencukupi kebutuhan saya yang bukan seorang gamer, percaya atau enggak seumur hidup saya, saya bahkan tidak pernah menginstal Mobile Legend.



Performa

Dengan spesifikasi yang diberikan, Nokia 6.1 Plus yang saya gunakan saat ini menjalankan system operasi Android 9 atau Pie dengan Update terbaru November 2019 Update (sampai tulisan ini dibuat), dengan beberapa aplikasi bawaan terinstal dan terupdate dengan sempurna.

Hanya aplikasi penting yang saya install

Selain itu gak banyak juga aplikasi yang saya install, karena saya hanya mengutamakan aplikasi yang super penting dan sering digunakan saja. Untuk aplikasi sekali pakai langsung saja saya hapus karena selain memakan ruang storage aplikasi sampah seperti itu akan memakan kapasitas ram usage di perangkat yang digunakan.


Untuk masalah multitasking, membuka whatsapp, instagram, telegram dan aplikasi lain, tidak ada masalah, dan aplikasi tidak kembali terbuka dengan loading awal, hal ini dikarenakan ukuran RAM 4GB masih sangat cocok untuk menunjang penggunaan multitasking banyak aplikasi. Selain itu untuk buka tutup aplikasi juga tidak ada masalah yang mana setiap saya membuka aplikasi tidak ada lag dan loading yang lama, tentu saja ini dikarenakan Snapdragon 636 yang ditanamkan pada perangkat ini, karena seperti yang kita tahu chipset ini dulu merupakan chipset terbaik dikelasnya. 

Hardware Lain

Untuk kamera, saya lebih prefer menggunakan Google Camera karena kualitas yang dihasilkan saya rasa malah lebih baik dibandingkan dengan kamera defaultnya. Berikut hasil kamera dengan menggunaakan Google Camera.



Untuk Port USB Type-C yang kebanyakan orang keluhkan terhadap lubang port USB yang kadang goyang dan sering lepas ketika melakukan charging, saya tidak mengalaminya bahkan selama 1 tahun ini tidak ada masalah dengan USB Port. 


Overall masalah hardware tidak ada keluhan yang saya rasakan, dan semua aman sama seperti pertama kali dibeli, baik itu Layar, Speaker, Mic, Port USB, Port Audio, Kamera, dan seluruh sensor masih Perfect!



Apakah Layak Untuk 2020?

Jangankan 2020, perangkat ini menurut saya masih sangat layak digunakan hingga 2022 nanti, ya meskipun mungkin akan terjadi penurunan performa karena perkembangan OS dan Aplikasi yang akan semakin berat dan boros sumber daya, namun untuk penggunaan ringan yang hanya bersosial media, atau komunikasi, perangkat ini masih sangat sangat layak digunakan hingga setidaknya 3 tahun mendatang.

Terlebih kualitas Nokia memang saya akui terbaik dikelasnya, selain hardwarenya yang ajib, spesifikasi yang diberikanpun masih sangat cukup untuk digunakan beberapa tahun kedepan. Teringat spesifikasi, tidak lain dan tidak bukan karena dukungan Android One yang memang tidak banyak customisasi yang dimasukan, sebut saja Xiaomi dengan MUI, tentu saja dengan banyak kustomisasi dan fitur yang dimasukan, baru dua kali dapat update androidpun akan terasa perbedaannya, namun beda halnya dengan perangkat Pure Android. Semuanya akan terasa Smooth dan mantap!

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, dan berdasarkan pengalaman saya selama menggunaakan perangkat ini, untuk pemakaian normal manusia pada umumnya saya rasa akan sangat layak sekali perangkat ini digunakan hingga 3 tahun kedepan, setidaknya jika perangkat dirawat dengan apik, tidak pernah terjatuh dan rajin dibersihkan baik dari sisi hardware ataupun software. 

Catatan : Jangan sering gunta ganti hape karena korban review ataupun iklan, karena sesungguhnya perkembangan jaman itu tidak akan berhenti sampai disitu saja, mungkin sekarang perangkat yang terbaik adalah iPhone 11 Pro, namun tahun depan iPhone 12? Who knows, yang penting, gunakanlah dan manfaatkanlah perangkat yang saat ini dimiliki sampai perangkat itu tidak bisa melakukan apapun yang kamu perintahkan

Silahkan berikan komentarmu dibawah, jika kamu mau bertanya atau apapun, jangan sungkan guys. 

0 Response to "Masih Layakah Nokia 6.1 Plus di Tahun 2020?"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel