Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi "the file or directory is corrupted and unreadable" Pada HDD External di Windows 10

Kalian pernah gak menemukan sebuah masalah dimana folder didalam hdd external kalian mengalami error dan menampilkan pesan seperti berikut "the file or directory is corrupted and unreadable", jika iya, kebetulan saya juga kini mengalaminya, sebenarnya saya sudah cukup sering menemukan masalah seperti ini di HDD External saya, dan kadang kasusnya bisa sampai menghilangkan beberapa file didalamnya, dan tentu saja itu mengesalkan. 


Perhatian! : Langkah ini kemungkinan besar akan menyebabkan File anda Rusak atau Tidak Bisa Dibuka Kembali. (Jadi tidak saya rekomendasikan). 

Perhatian! : Jangan Lupa Backup Seluruh Data Penting Diluar Folder Yang Error

Langkah 1. Buka Command Prompt as Administrator


Langkah 2. Kemudian ketikan perintah berikut pada Command Prompt tersebut : chkdsk <partitions label>: /F /R atau dengan contoh seperti gambar diatas. 

chkdsk Q: /F/R
 Setelah itu proses scanning dan perbaikan akan berjalan. Contohnya seperti gambar berikut.


Sedikit informasi mengenai perintah diatas, variable /F digunakan untuk memperbaiki error tanpa harus melakukan scanning bad sector, dan variable /R digunakan untuk merepair error, kemudian menemukan bad sector dan langsung merecover data. 

Setelah scanning selesai, sekarang harusnya folder yang tadi error dan menampilkan pesan the file or directory is corrupted and unreadable harusnya sudah bisa dibuka dengan normal. 



Cara Lainnya

Sebenarnya ada cara lain tanpa harus masuk ke Command Prompt, yaitu dengan menggunakan tools Error Disk Checker di File Explorer, namun secara keseluruhan caranya sama saja dengan diatas, cuma dilalui dengan metode Gui. 

Caranya adalah > Klik partisi yang error > Properties > Tools > Error Checking > klik Check


Kekurangan 

Salah satu yang saya gak suka dari cara ini adalah, sebagian data yang memang sudah corrupt akan dihapus paksa oleh system, sehingga pengguna tidak bisa lagi membukanya, misalkan seperti gambar berikut: 


Nah memang sih folder yang sebelumnya mendapati error the file or directory is corrupted and unreadable akan bisa kembali digunakan seperti biasa, namun sebagian file lain diluar folder tersebut akan menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka. Jadi langkah diatas tidak saya rekomendasikan jika memang data didalam folder yang error tersebut bukanlah data penting. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data ke Cloud atau HDD External lain agar Data selalu aman dan dapat digunakan ketika dibutuhkan. 

Sekian dan terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mengatasi "the file or directory is corrupted and unreadable" Pada HDD External di Windows 10"