Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Internet Download Manager atau Free Download Manager?

Salah satu pertanyaan pembaca setia dari Blog Sayugi meluncur ke telegram saya, dimana dia bertanya nih mendingan menggunakan Internet Download Manager atau Free Download Manager?. Pertanyaan yang cukup bagus mengingat saya sendiri sudah mencoba kedua aplikasi tersebut, dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kamu yang sekarang mungkin sedang bingung mau pilih yang mana. 


Oke dalam perbadingan ini saya akan jelaskan pada beberapa poin berbeda, seperti Kompatibilitas, Fungsi, dan Kecepatan, dan tentunya akan saya catat berdasarkan pengalaman saya pribadi. 

Internet Download Manager (IDM)

Siapa yang gak tahu aplikasi ini, di Indonesia, aplikasi ini begitu populer sekali, meskipun hampir 80% orang Indonesia menggunakannya hanya sebagian saya yang membeli lisensi legalnya, karena crack dan patch bertebaran diluar sana. 

1#. Performa

Untuk segi performa download sendiri, Internet Download Manager sudah tidak perlu diragukan, dimana setiap download yang dilakukan akan dipisah menjadi beberapa bagian dan akan disatukan ketika seluruh sesi telah didownload, dimana metode ini akan mempercepat proses download, dan ini merupakan hal yang baik. 

2#. Harga

Sayangnya Internet Download Manager ini tidak gratis, kamu memang bisa mendownloadnya Gratis dan menggunakan masa trialnya selama 30 Hari, namun setelah itu kamu harus membeli lisensinya seharga Rp250.000, saya tidak menyarankan kamu menggunakan crack karena banyaknya kasus terkena ransomware dari jenis jenis crack yang bertebaran di Internet. 

3#. Kompatibilitas

Selain pengguna Windows, misalkan Mac dan Linux, kamu gak bisa menggunakan Internet Download Manager. 

4#. Lebih Stabil

Internet Download Manager bisa dibilang lebih stabil dan jarang sekali saya menemukan kendala misalkan seperti crash, error, atau not responding. 

Free Download Manager

Masuk ke salah satu download manager yang memang kurang populer di negara +62 ini, dia adalah salah satu dari Download Manager gratis yang menurut saya sangat direkomendasikan jika kamu gak punya lisensi Internet Download Manager, ada beberapa hal yang saya suka dan diantaranya adalah:

1#. Gratis

Tentu saja hal ini menjadi yang pertama, dimana Free Download Manager ini Gratis 100%, kamu bisa mendownload dan menginstalnya disemua perangkat yang kamu punya. 

2#. Kompatibilitas

FDM ini bisa kamu instal di beberapa OS yang berbeda, misalkan Windows, Linux, Mac, bahkan Android, keren gak? keren parah ini. 

3#. Mendukung Magnet Link

Kalian suka download Torrent? jika iya, Free Download Manager menyediakan Magnet Link dimana dia bisa dengan langsung mendownload Torrent tanpa harus memiliki dan menginstal Torrent Client pihak ketiga lainnya. 

4#. Cepat

Downloadnya jika dibandingkan kurang lebih sama dengan IDM, hanya saja memang performanya akan sedikit kalah jika dibandingkan 1v1, dimana IDM sekali lagi memiliki performa 10% lebih baik dari FDM. 

Kesimpulan

Nah jika kamu masih bingung silahkan perhatikan kesimpulan dari pembahasa diatas. 

Internet Download Manager
  1. Lebih Cepat (+)
  2. Lebih Stabil (+)
  3. Lebih Berpengalaman (+)
  4. Harga Mahal (-)
  5. Hanya Untuk Windows (-)
  6. Tidak Mendukung Torrent (-)
Free Download Manager
  1. Kurang Cepat (-)
  2. Kurang Stabil jika di Linux (-)
  3. Gratis (+)
  4. Mendukung semua OS (+)
  5. Mendukung Torrent (+)
  6. Orang Indonesia Jarang Pake (-)

Nah tentunya diatas adalah pengalaman saya sendiri, dan pengalaman kamu tentu pasti berbeda, silahkan kamu coba sendiri baik IDM atau FDM. Silahkan berikan komentarmu dibawah mana yang terbaik. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Pilih Internet Download Manager atau Free Download Manager?"