Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menambah Kualitas Konten Tulisan

Menulis di Blog dan Website memang terkesan menarik dan keren dimata sebagian orang, namun untuk seorang penulis dan blogger sendiri ada pro dan kontra yang pasti selalu dirasakan, yaitu bagaimana menambah kualitas konten dari tulisan yang diberikan.



Sembilan tahun saya menjalani kehidupan blogging ini banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan, mulai dari bagaimana mengambil sumber berita yang baik, menulis konten yang konsisten, dan bahkan belajar untuk terus menambah pengalaman dan kualitas konten yang diberikan. 

Beberapa pelajaran mungkin saya dapatkan dari beberapa blogger senior, seperti Mas Sugeng, Mas Timon, Mbak Adventurose dan beberapa blogger luar yang saya kenal, misalkan dari Venkat dari Techdows, ya semua memang harus mendapatkan proses perjalanan yang panjang. 

Terkait kualitas konten, seperti yang saya kutip dari Dewaweb, ada beberapa ciri dari sebuah konten yang memiliki kualitas yang diantaranya adalah: 

Ciri Konten Berkualitas

1. Konten Yang Berkualitas Mudah Ditemukan (Findable)

Dari dalam situs kamu. Jika seseorang sudah berada di dalam situs kamu, mereka harus bisa menemukan konten terbaru dan terbaik yang sudah kamu tulis. Selain itu dari luar situs kamu. konten yang kamu tulis harus muncul di Search Engine.
2. Konten Yang Berkualitas Bisa Dibagikan (Shareable)

Ada dua hal yang membuat konten bisa dibagikan:

  • Orang ingin membagikannya. Ketika orang menemukan konten yang sangat bagus, mereka ingin menyebarkannya, setidaknya mencantumkannya di timeline Facebook.
  • Konten mudah dibagikan. Buat orang mudah membagikan konten Anda.

3. Konten Yang Berkualitas Mudah Dibaca (Readable)

Keterbacaan sangat penting untuk teks. Design yang bagus dan tulisan yang baik terkait di dalamnya. Dari perspektif design, konten yang terbaca berarti tidak berat bagi mata.

Beberapa langkah juga sudah saya kembangkan dan tentunya semua dilakukan menambah kualitas konten sesuai dengan search engine optimizations, misalkan menambahkan gambar yang sesuai, menulis konten dengan headline yang kuat dan jelas, memiliki pembuka - isi - dan penutup yang jelas, memberikan engaging content yang bagus dan bermanfaat, dan yang pasti paling penting adalah dapat menulis dengan akurat terutama dalam pengambilan informasi. 

Artikel tidak harus panjang namun pendekpun dapat memberikan pesan yang jelas, meskipun konten yang ditulis adalah rewriting dengan penyampaian informasi yang diseusikan dengan domain dan region pengguna, beberapa informasi tidak boleh dirubah dengan sembarangan, bahkan biarkan saja tetap seperti asalnya. Selama kita memberikan sumber informasi yang jelas diakhir tulisan. 

Kenapa Masih Ada Yang Tidak Suka 

Saya akui, ada beberapa orang yang memang tidak suka dengan gaya menulis saya, padahal beberapa langkah sudah saya kembangkan sesuai dengan pengalaman, kritik dan saran pengunjung sendiri, namun masih ada aja orang yang tidak suka. 

Sumpah sayang banget ama domain winpoin . Scorenya tinggi banget . Artikelnya banyak , ribuan, tapi ga ada yang berkualitas . . Buat gua aja nih domain . Pleaseee. Wkwkkww joke aja . Admin maaapin ane yah . Eval aja . . Biar lu lu pada kena marah bos . . Wkkwwk (ucap salah seorang pembaca)
Ya masih saya terima dan saya jadikan masukan, karena memang pasti akan ada orang yang suka dan tidak suka dengan apa yang saya berikan, namun satu hal yang selalu perlu diperhatikan blogger adalah (berikan informasi paling faktual dan paling benar) seburuk apapun artikel yang kamu tulis pasti akan ada yang suka, dan sebagus apapun artikel yang kamu publish pasti akan ada yang gak suka. Kembali lagi setiap orang diciptakan dan dilahirkan dengan pandangan yang berbeda, jangan merasa sakit hati dengan kritikan, karena itu bisa menambah pengalaman kamu dalam hal berinteraksi dengan pembaca blog atau website mu. 


setuju ommmm,,,, kebanyakan kopas terjemah doang, bahkan kadang bahasanya ga enak dibaca
upssss
mending baca sumber aslinya yg bahasa inggris,,,,,
kangen tulisan bang febian dan senior2 lainnya yg lebih berkualitas (ucap salah satu pembaca yang lain)
Menanggapi komentar seperti ini pastinya harus kita jadikan pembelajaran lagi, bahwa mungkin saja ada kesalahan ketika kita mengalih bahasakan tulisan, semua butuh proses, dan proses perkembangan setiap orang pasti berbeda.  Selain itu masih dengan masalah faktualitas konten dan sumber informasi, kita boleh menulis ulang sebuah artikel dengan catatan jika di alih bahasakan persentasi similiarity tidak lebih dari 30%, saya sendiri mendapatkan pembelajaran ini setelah berteman dengan salah satu blogger dari India. 

Cara Menanggapi Kritik Dan Saran Dengan Baik

Sakit hati akibat perkataan haters mungkin akan ada, namun semua kembali lagi dengan harus bagaimana kita menanggapinya, saya sendiri selalu bersikap sabar dan netral saja, dimana memang semua komentar saya tampung dan saya coba amati kembali karena memang mungkin semua kesalahan bisa kita sebabkan. Intinya komentar yang buruk sekalipun bisa menjadi pelajaran dan pengalaman bagi penulis untuk terus berkarya, terutama untuk poin berita atau news, harus dijadikan sumber semangat agar informasi yang diberikan semakin faktual dan jauh dari kata hoax. 

Saya sendiri mengakui bahwa masih ada banyak kesalahanan dalam penulisan, kadang typo kadang kurang dalam mengalih bahasakan, dan banyak hal lainnya, namun itu merupakan sebuah pelajaran, karena bagaimana mungkin seseorang bisa berkembang jika dia tidak pernag mengalami kesalahan dan kegagalan. 

Ya sekian saja tulisan dan tips singkat dari saya ini, semoga bisa menambah pengalaman dan menjadi sumber inspirasi bahwa kualitas konten bisa diberikan berdasarkan kritik dan saran yang diberikan, diluar dari teori yang biasanya disampaikan. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Tips Menambah Kualitas Konten Tulisan"