Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Desktop Di Elementary OS Bisa Di Klik Kanan Dan Diisi File & Folder

Sejak dahulu saya menggunakan Elementary OS Luna, OS ini sudah identik dengan kesimpelan dan keminimalisannya, salah satunya adalah dengan menonaktifkan desktop sehingga pengguna tidak bisa mengisi apapun didalamnya, bahkan tidak bisa melakukan klik kanan di desktop Elementary OS.


Kemudian muncul beberapa tweak dengan mengaktifkan desktop melalui Dconf Editor atau terminal, namun saya rasa cara itu sudah usang, karena sekarang sejak Elementary OS Loki, pengguna bisa menginstal sebuah Apps yang memungkinkan kamu memaksimalkan Desktop di Elementary OS. 

Desktop Folder

Yap, bernama Desktop Folder, dimana Apps ini sekarang bisa kamu download pada halaman App Center dan gratis pula, dengan apps ini kamu bisa mengaktifkan dan menggunakan Desktop seperti pada OS kebanyakan, misalkan klik kanan, drag n drop, menambahkan file, menambahkan folder dan lainnya. 

Kamu bisa mendownloadnya pada halaman berikut

Cara Instalasi Dan Cara Menggunakan

Oke, untuk cara instalasinya sendiri kamu hanya perlu mendownload dan menginstalnya seperti biasa, tidak ada langkah khusus seperti pada Tweak sebelumnya yang mana kamu harus menggunakan DConf Editor atau Terminal. 
Setelah instalasi selesai, kamu hanya perlu membuka aplikasinya seperti biasa dan setelah itu kamu bisa melakukan apapun dengan Desktop kamu. 


Untuk memaksimalkan fungsi dari aplikasi Desktop Folder ini, sebaiknya kamu membuat aplikasi ini berjalan dari startup, langkahnya adalah pertama kamu buka System Settings > Applications > Startups. 
Setelah itu klik pada tombol tambah dipojok kiri bawah seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, selanjutnya masukan Desktop Folder. Hasil akhirnya harus seperti ini:
Lihatkan Desktop Folder sudah masuk ke startups, nah sekarang setiap kali Elementary OS dibuka dan dijalankan Desktop Folder akan berjalan secara otomatis tanpa kamu harus melakukan klik terlebih dahulu.



Silahkan kamu coba sendiri deh, dan semoga berhasil. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Membuat Desktop Di Elementary OS Bisa Di Klik Kanan Dan Diisi File & Folder"