Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Tinggal Google Chrome dan Selamat Datang Edge Chromium!

Ya, mungkin ini sedikit aneh dimana dulu saya juga pernah mengalami perpidahan dari Chrome ke Firefox lalu ke Opera dan ke Chrome kembali, tapi nih tapi berhubung teknologi terus berkembang apa salahnya untuk terus berubah. wkwkwk


Jadi keputusan ini saya buat karena memang setelah hampir 3 bulanan saya menggunakan Edge Chromium yang memang nih rasanya lebih baik daripada Google Chrome, tapi selain itu saya juga masih pake Opera karena emang itulah browser favorit saya. Jika ada yang bertanya kenapa saya masih menginstal Google Chrome selama 3 bulanan ini? ya karena di Android saya kemarin masih pake Chrome dan saya butuh banget ekosistem Chrome di PC dan Android untuk keperluan kerjaan. 

Namun setelah beberapa hari lalu saya putuskan untuk mendisable Google Chrome di Android 10 saya, dan kemudian menginstal Edge, hari ini saya putuskan juga untuk menghapus Google Chrome di Windows 10 saya.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah masuk ke Settings > App, kemudian disana saya cari Google Chrome dan langsung saja Uninstall. 


Kenapa saya gak pake Iobit Uninstaller lagi? soalnya lisensi Pro nya abis, dan saya males banget kalo harus pake versi Free apalagi bajakannya. 😂😂


Selanjutnya saya juga checklist pada opsi 'Also delete your browsing data?' karena dalam waktu lama mungkin saya gak akan melakukan reinstal Chrome kembali. 



Selanjutnya hal opsional yang saya lakukan adalah mengisi kuisioner dari Google setelah Uninstall berhasil. Dan selesai dah, Google Chrome sudah menghilang dari Windows 10 yang sehari hari saya gunakan. 

Selanjutnya karena saya enggak menggunakan aplikasi Uninstaller Third Party, saya sisir di beberapa folder untuk memastikan tidak ada file dari Google Chrome yang tersisa, diantaranya adalah di: 
  • %appdata%
  • %programfiles%
  • dan Regedit
Langkah ini sudah saya share di tutorial yang saya tulis di WinPoin berikut : Cara “Advanced” Uninstall Software Sampai Tuntas

Dan itulah sedikit cerita saya beralih dari Google Chrome ke Microsoft Edge Chromium, kenapa saya lebih memilih Edge Chromium mungkin akan saya share di artikel lain, namun intinya adalah, Edge itu lebih cepat, lebih baik untuk Windows 10, sama sama berbasis Chromium, dan fitur di Android lebih maksimal. Pokoknya Good. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Selamat Tinggal Google Chrome dan Selamat Datang Edge Chromium!"