Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update Driver Secara Manual di Windows 10


Windows 10, ketika pertama kali Windows Diinstal dan Windows Update dijalankan, seluruh Hardware yang didukung secara otomatis akan didownloadkan Drivernya, sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan instalasi Driver secara manual melalui CD Driver perangkat mereka. 

Metode yang diberikan Windows 10 itu tentunya cukup bermanfaat dan bisa dibilang cukup berguna untuk memudahkan pengguna yang tidak memiliki CD Driver pada perangkatnya, hanya saja terkadang memang driver yang diberikan ada yang sudah ketinggalan jaman, contohnya adalah driver dari AR946x alias WiFi Atheros yang digunakan di Laptop saya, dimana pada halaman Device Manager menunjukan bahwa driver dibuat di tahun 2016, sedangkan dihalaman Atheros sendiri yang terbaru adalah yang versi 10.0.3.456 yang dibuat ditahun 2017. 

Nah update ini tidak ada di Windows Update, dan bahkan dihalaman Asus sendiri, lalu gimana cara updatenya? simple, silahkan ikuti saja langkah - langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama download file driver pada halaman si hardware terpisah, misalkan AR946x Driver. 


Selanjutnya kamu akan mendapatkan sebuah zip package yang berisi sekumpulan file driver, pada file tersebut tidak ada file exe yang mana instalasi memang tidak dilakukan dari file yang kita download barusan. 


Langkah 2. Setelah file kamu download dan kamu extract, sekarang kamu masuk ke Device Manager. 


Langkah 3. Didalam Device Manager, klik kanan > properties pada driver yang akan kamu update yang file drivernya sudah kamu download tadi. Misalkan disini saya akan melakukan update Qualcomm Atheros AR946x  Wireless Network Adapter. 


Langkah 4. Selanjutnya masuk ke Tab Driver, seperti yang saya tandai pada gambar diatas. dan dari sana kamu klik update driver. 


Selanjutnya kamu klik pada 'Browse my computer for driver' sepereti yang saya tandai pada gambar diatas. 

Langkah 5. Kamu cari folder driver yang tadi sudah kamu download dan kamu extract pada langkah pertama dan kedua. 


Klik Next, dan harusnya instalasi akan berjalan, dan selesai deh, sekarang driver sudah kamu selesai update. 

Nah silahkan kamu coba sendiri, dan semoga bermanfaat. 😁


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Update Driver Secara Manual di Windows 10"