Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Cortana di Windows 10 May 2020 Update


Sebuah masalah yang cukup sering saya jumpai sesaat setelah selesai menginstal Windows 10 2004 atau Windows 10 May 2020 Update ini adalah sering ketekannya tombol Windows + C, kenapa sering ketekan?, jawabannya adalah karena saya sering menggunakan fitur Clipboard History yang menggunakan kombinasi Windows + V, sehinga karena C dan V di Keyboard itu berdekatan terjadilah masalah ini. 

Bagi kamu yang belum tahu nih, ketika kamu menekan tombol Windows + C di Windows 10, kombinasi itu akan memunculkan cortana, dan itu bukanlah sebuah masalah jika kamu menggunakan Windows 10 edisi sebelumnya (yaitu 1909 kebawah) karena Cortana masih terintegrasi dengan Search di Windows 10, namun karena di Windows 10 2004 itu Cortana menjadi aplikasi terpisah, ketika tombol kombinasi ditekan, Window Cortana akan muncul dan tidak bisa diclose dengan cara biasa, melainkan harus diclose melalui Task Manager > pilih 'Cortana' dan End Task. 



Saya post deh masalah itu di Twitter, dan kawan saya Reno salah satu pembaca setia membalas tweet saya dan menyarankan untuk menggunakan salah satu langkah yang dipublish oleh How To Geek, dan ternyata berhasil juga hehehe. 

Nah karena itulah kali ini saya akan sedikit merangkum langkah untuk Mematikan Cortana di Windows 10 May 2020 Update atau Windows 10 2004, langkahnya sebenarnya ada dua, melalui Registry Editor dan Group Edit Policy, namun saya rangkum saja yang merupakan cara paling mudah dan minim resiko yaitu melalui Group Edit Policy. 

Cara Mematikan Cortana di Windows 10 May 2020 Update

Langkah 1. Buka Group Edi Policy, kamu bisa ketikan 'gpedit.msc' di Start Menu Windows 10. 


Langkah 2. Selanjutnya masuk ke Directory berikut : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Search


Langkah 3. Selanjutnya kamu cari dan klik kanan > Edit pada 'Allow Cortana'. 


Langkah 4. Setelah itu kamu ubah dari 'Not Configured' menjadi 'Disabled' dan klik OK, tepat seperti gambar diatas. 

Langkah 5. Setelah semuanya selesai, kamu tutup Group Edit Policy, dan Restart Windows 10 kamu, dan selesai deh. Sekarang setiap kali kamu menekan tombol Windows + C di Windows 10 2004 tidak akan lagi menampilkan atau membuka aplikasi Cortana. 

Apakah Cortana Masih Ada?

Dikarenakan kini Cortana menjadi aplikasi terpisah, Cortana masih ada, dan masih dapat kamu jalankan dengan membuka aplikasinya yang tersedia di Start Menu. 


Oiya untuk sekarang sampai ketika artikel ini ditulis aplikasi Cortana ini masih berstatus sebagai Beta, dan masih dalam pengembangan, memang sih fiturnya cukup keren untuk digunakan, namun tetap saja saya tidak pernah menggunakannya karena memang kamu harus setting terlebih dahulu region Windows yang kamu gunakan ke US atau Negara yang didukung Cortana. 

Referensi : How To Geek
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mematikan Cortana di Windows 10 May 2020 Update"