Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Pengguna Windows 10 Harus Pake Edge Chromium!


Untuk pengguna Windows 10, saya yakin dalam beberapa tahun terakhir ini tidak pernah menggunakan Microsoft Edge sebagai browser mereka, dan lebih memilih menggunakan browser lain yang paling umum dipasaran, misalkan saja Google Chrome atau Firefox. Saya sendiri akui bahwa memang Microsoft Edge pada awal itu kurang bagus untuk digunakan karena memang kurang populer dan bisa dibilang juga kecepatannya tidak secepat Google Chrome dan saingannya yang lain. 

Namun tahukah kamu, kini Microsoft Edge sudah berbasiskan Chromium dan bukan lagi menggunakan teknologi EdgeHTML, dengan kata lain kini Edge Chromium sudah sebanding dengan Google Chrome dan keluarganya, hanya saja dikembangkan oleh Microsoft. 

Saya sendiri sudah lebih dari 5 bulan menggunakan Edge Chromium, mulai ketika Edge Chromium masih dalam status pengembangan di Edge Chromium Dev versi 79 beberapa bulan lalu, dan selama kurang lebih beberapa bulan ini menggunakan Edge Chromium, saya sangat suka dan bisa dibilang lebih suka dari Google Chrome kenapa? nah dengan artikel inilah saya akan sedikit bercerita terkait alasan kenapa saya suka dan kenapa kamu harus pindah dari Google Chrome ke Edge Chromium. 

Fitur

Sebagian fitur yang dulu ekslusif hadir di Microsoft Edge Legacy kini ditambahkan juga kedalam Microsoft Edge Chromium, misalkan saja pada fitur Mode Full Screen, Scrolling yang lebih Smooth, dan juga integrasi dengan Windows 10 yang memang sangat baik. 

Mode Full Screen ala Edge Chromium (Shy User Interface)

Yang paling saya suka dari fitur tersebut adalah scrollingnya yang lebih smooth di Edge Chromium, terutama bagi kamu pengguna monitor 75 Hz keatas, coba deh rasain dan coba scroll halaman website, rasanya enak banget, smooth dan mantap, mau itu pake mouse atau trackpad rasanya tidak ada bedanya. 

Lebih Ringan

Kedua tentu saja adalah masalah performa, Edge Chromium bisa dibilang lebih hemat RAM dan CPU (Meski hanya sedikit), namun sedikit perubahan bisa mengubah permainan, hal itu karena dalam Edge Chromium ada lebih dari 50 Service dari Google yang dihilangkan dan diganti oleh Microsoft, terkait hal ini kamu bisa membaca artikelnya pada halaman WinPoin berikut
Via WinPoin

Tampilan Microsoft Banget

Nah kalo kalian pake Windows 10, tampilannya benar benar tampak konsisten dan terintegrasi, mulai dari area toolbar, settings, icon dan lainnya semua disesuaikan dengan gaya interface dari Microsoft. Apalagi jika kalian pake Dark Theme di Windows 10 dan Edge Chromium, tampilannya akan tampak enak untuk dilihat. 


Masih Mendukung Extensi Google Chrome

Bagi kamu yang khawatir bahwa extensi tidak mendukung, tenang saja kamu bisa mengaktifkan 'Allow extensions from other stores.' pada halaman edge://extensions, dan kamu masih tetap akan bisa menginstal semua extensi yang ada di Chrome Web Store. 


Bisa dilihat pada gambar diatas, saya sendiri menggunakan tiga ekstensi berbeda yang saya install diluar dari Microsoft Edge Extensions Store, dan tentunya semuanya berjalan dengan baik dan sempurna, karena memang Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium dikembangkan dalam basis yang sama. 

Tracking Preventions

Tracking di internet sekarang benar benar menakutkan, misalkan ketika kamu membuka halaman Tokopedia, dan kamu disana mencari Sendal, maka setiap kali kamu membuka halaman Website seperti Youtube, Facebook, dan apapun itu maka iklan yang tampil akan berkaitan dengan sendal, wah benar benar gila. 


Hal tersebut tentunya sangat tidak enak ya, terutama bagi kamu yang memang tidak suka untuk diikuti, dan dengan Edge Chromium Tracking Preventions bisa mencegah hal tersebut, fiturnya akan mencegah tracking dilakukan ketika kamu menjelajah website diinternet, dan kamu akan merasa aman dari segala macam tracking yang bisa saja mengandung adware dan hal berbahaya lainnya. 

Bahkan ketika kamu masuk ke website beriklan, Tracking Preventions terkadang memblokir iklan, padahal extensi adblock tidak kamu nyalakan. Contohnya seperti halaman Winpoin berikut, ada sebuah spot iklan yang harusnya tampil namun ini tidak. 


Seperti pada dua gambar sebelumnya, saya sendiri mengatur Tracking Preventions pada level maksimal agar keamanan dari masalah Tracking ini gak saya takuti. Cuma nih kekurangannya, jika website yang dibuka memasang script yang memaksa kamu harus mematikan AdBlock, maka kamu juga harus mengatur kembali Tracking Preventions ini dengan menambahkan website tersebut pada whitelist, atau mematikan Tracking Preventions. 

Mampu Cegah dan Hindarkan Malware

Malware itu tidak hanya masuk melalui apa yang kamu install saja, namun terkadang melalui ekstensi dan website yang mengandung adware, dan tentunya kadang diantara adware ada yang mengandung ransomware, dan itu sungguh menakutkan. 

Terkait hal tersebut, di Edge Chromium memiliki sebuah fitur integrasi dengan Windows Defender (yang kini bernama Microsoft Defender), dimana bisa kamu lihat pada halaman Settings > Privacy, disana kamu akan menemukan sebuah opsi untuk mengatur Microsoft Defender SmartScreen. 



Edge Chromium Kini Sudah Menjadi Bagian Windows 10

(Update 9 Juni 2020) - Update yang diberikan (yang bisa kamu baca artikelnya pada halaman WinPoin berikut), secara langsung kini telah menggantikan Edge Legacy dengan Edge Chromium, dimana kini setelah mendapatkan update, Edge Legacy akan disembunyikan, dan Edge Chromium akan terinstal. Dengan itu berbeda dengan pengguna yang sebelumnya telah melakukan instalasi Edge Chromium secara manual, pengguna yang mendapatkan update via Windows Update tidak dapat menghapus Edge Chromium tersebut, kecuali menghapus update terkait. 

Kesimpulan

Nah bisa dilihat kan, beberapa fitur diatas itu bisa dibilang ekslusif dan hanya hadir di Edge Chromium, terlebih untuk pengguna Windows 10 dengan RAM dibawah 4 GB, Edge Chromium lebih saya rekomendasikan karena memang tidak memakan banyak RAM, selain itu tampilannya juga menarik dan tidak membosankan, pokoknya bisa menambah rasa baru dalam berinternet ria, hanya saja memang ada juga beberapa kekurangannya yang mungkin akan saya jelaskan dalam artikel terpisah.

Terlebih nih, kini Edge Chromium sudah hadir preinstalled di perangkat Windows 10, jadi kayaknya gak ada lagi alasan buat tidak mencoba Edge Chromium. 

Nah silahkan berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah. Untuk membaca artikel dan info terbaru mengenai Edge Chromium, kamu bisa meluncur pada halaman WinPoin berikut
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Kenapa Pengguna Windows 10 Harus Pake Edge Chromium!"