Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan Ketika Windows Selesai Restart


Didalam Windows 10 2004, atau Windows 10 20H1 yang bisa juga disebut dengan Windows 10 May 2020 Update, ada sebuah fitur baru yang dimasukan kedalam pengaturan Account > Sign In Options, dimana kamu bisa mengatur apakah aplikasi akan kembali dijalankan setelah perangkat di Restart atau Sign Out, dengan catatan App tersebut tidak kamu tutup sebelumnya.

Perlu diketahui, sebelumnya fitur ini memang sudah ada, dan di halaman Account > Sign In Options dulu itu opsinya bernama 'Use my sign-in info to automatically finish setting up my device and reopen my apps after an update or restart.', perbedaannya, jika dulu hanya mendukung aplikasi Win32 saja, kini di Windows 10 2004, mendukung juga aplikasi Moderen atau Universal Windows Apps (UWP). 

Nah fitur ini tentunya sangat berguna terutama bagi kamu yang akan menginstal update misalnya, atau tiba tiba ada sebuah program yang mengharuskan kamu untuk melakukan restart padahal kamu sedang membuka banyak aplikasi yang sedang berjalan. Misalkan saja ada banyak Tab di Google Chrome atau Edge Chromium yang tidak ingin kamu tutup karena mengandung konten sensitif untuk pekerjaan kamu, dan kamu ingin segera melakukan Restart perangkat, nah dengan fitur ini hal tersebut sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi. 

Untuk mengaktifkannya, kamu harus terlebih dahulu sudah menginstal Windows 10 2004 terbaru, dan selanjutnya kamu masuk ke Settings > Accounts > Sign In Options, disana akan ada opsi Restart Apps. 


Pastikan kamu set ke ON seperti pada gambar diatas, setelah kamu set, ketika kamu melakukan restart dan aplikasi tidak kamu tutup sebelumnya, maka setelah perangkat selesai melakukan restart selanjutnya aplikasi yang sebelumnya masih kamu buka dan tidak kamu tutup akan kembali berjalan, dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya. 

Contoh kasus, misalkan nih, kamu membuka 10 Tab Microsoft Edge Chromium, 2 Windows dari aplikasi Microsoft Word, dan Slack misalkan, nah kamu akan melakukan restart dan program yang sudah saya sebutkan barusan tidak kamu tutup alias kamu close, nah setelah perangkat selesai di restart semua program akan kembali berjalan dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya. 


Menurut saya fitur ini sangat bermanfaat dan ya cukup membantu sekali terutama ketika kita sedang dalam kondisi kudu buru buru restart, hanya saja seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di Windows 10 2004 saja, jika kamu sekarang masih menggunakan Windows 10 1909, kamu belum bisa mendapatkan fitur ini, tapi silahkan dicek sendiri deh di Settings > Accounts > Sign In Options, kali aja saya salah. 😂

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan Ketika Windows Selesai Restart"