Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Hyper-V Di Windows 10 - Virtual Machine Terbaik Untuk Jalankan OS Windows


Akhir akhir ini saya sering membuat virtual machine untuk masalah pekerjaan saya, dimana kali ini saya bukan melakukan instalasi Linux seperti biasanya, namun malah sering instal sistem Windows untuk keperluan testing aplikasi dan lainnya. Sebelumnya saya pernah mencoba menggunakan Virtual Box dan VMWare, hanya saja di laptop saya ini yang hanya memiliki spesifikasi Intel Core i5 7200U dan RAM 20 GB, performa ketika menjalankan Windows 10 itu rasanya agak berat saya juga heran entah kenapa. 

Untuk mengatasi masalah performa tersebut, saya mencoba untuk menginstal dan menjalankan virtual machine menggunakan sebuah tool bawaan dari Windows 10 Pro keatas, yaitu Hyper-V, tool ini bisa kamu aktifkan dengan sangat mudah, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama kamu buka 'Turn windows feature on or off" ketikan saja kalimat tersebut di Start Menu, atau kamu bisa masuk ke Settings > Apps > Optionsl Feature > More Optional Features. 


Langkah 2. Selanjutnya dalam Windows yang akan tampil, kamu cari saja Hyper-V dan ceklis seperti pada gambar berikut. 


Selanjutnya kamu klik OK untuk menerapkan perubahan, dan instalasi akan berjalan. Perlu diperhatikan bahwa selama proses ini kamu wajib untuk terkoneksi ke Internet karena proses ini mendownload komponen hyper-v dari internet. 


Langkah 3. Setelah selesai, selanjutnya kamu Restart perangkat kamu untuk menerapkan perubahan yang sudah kamu lakukan, biasanya akan ada proses update seperti Windows Update pada umumnya, tunggu sampai selesai dan Windows kembali startup seperti biasanya. 


Nah jika sudah selesai, kamu akan menemukan Hyper-V Manager di Start Menu > WIndows Administrative Tools, silahkan kamu buka dan buat Virtual Machine dari sana. 


Nah silahkan kamu coba, untuk langkah instalasi System Operasi mungkin akan saya buat diartikel selanjutnya, namun intinya sangat mudah kok, mirip dengan instalasi OS pada Virtual Box dan VMWare. 

Untuk perbandingan, dalam menjalankan Windows 10 di VirtualBox dan Hyper-V ini dengan konfigurasi CPU 2 Core, RAM 8 GB, dan Storage 50 GB, performa Hyper-V bisa dibilang lebih cepat, terutama ketika proses Startup, dan membuka aplikasi, hal ini tidak lain dan tidak bukan karena teknologi Hyper-V ini membuat virtual machine berjalan dengan hardware perangkat hostnya (kalo gak salah ya), kamu bisa baca artikelnya pada halaman berikut. Atau penjelasan mungkin akan saya bahas juga pada artikel berikutnya. 😁

Semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Instal Hyper-V Di Windows 10 - Virtual Machine Terbaik Untuk Jalankan OS Windows"