Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blast Search - Aplikasi Search Powerfull Untuk Windows 10

Sedikit membahas Search, Windows Search di Windows 10 sendiri saya rasa sudah sangat powerfull, dimana kita bukan hanya dapat mencari local files saja, bahkan kita juga bisa mencari file online di OneDrive dan bahkan search engine. Ini tentunya pengembangan yang sangat drastis jika kita bandingkan pada Windows Search di Windows 7 dan 8 dulu. 

Terkait hal tersebut, kali ini saya akan sedikit membahas secara singkat mengenai sebuah aplikasi Search yang bisa dibilang mirip dengan Windows Search, namun ada beberapa kelebihan yang diberikan. Mungkin jika di Mac itu mirip dengan Spotlight vs Bartender. 

Namanya adalah Blast Search, kini memang masih berstatus Beta dan masih memiliki banyak kekurangan, namun fitur search yang diberikannya tidak main main dengan kecepatan dan proses search yang akurat. Sebagai contoh di Windows Search, untuk mencari data dari Hard Disk External proses searching-nya bisa sangat lama, dan bahkan bisa saja mengalami kegagalan, namun di Blast Search, semua dapat dicari dengan mudah. 

Blast Search
Windows Search

Fitur Utama

Selain menyediakan fitur pencarian Local, Blast Search juga memiliki beberapa pencarian yang terkait dengan Bing dan Chromium Browser, fitur tersebut diyakini akan terhubung dengan internet dan selanjutnya akan melakukan pencarian ke Search Engine. Hanya saja sayangnya untuk sekarang masih dapat belum digunakan karena memang masih berstatus Beta. 

Selain itu, kita juga bisa mencari berbagai Apps, File dan bahkan Process, di Windows Search sendiri secara default kita tidak bisa mencari process yang sedang berjalan kecuali kita menginstall PowerToys 0.18.1 yang dirilis beberapa hari lalu. Dan Blast Search menyediakan fitur tersebut juga. 


Ukuran dan Instalasi

Untuk proses downloadnya sendiri bisa dibilang cukup besar dengan 123 MB Downloaded Files. Dan setelah di Install ukurannya akan memakan sekitar 320 MB, jadi aplikasi ini bukanlah aplikasi yang terbilang ringan dan ramah di Storage. 



Selain itu, ketika digunakan, aplikasi ini akan memakan setidaknya 80 MB RAM dan bagi kamu yang menggunakan RAM terbatas saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan Blast Search. 


Apakah Cocok Untuk Digunakan?

Saya sendiri adalah salah satu fans dari Windows Search karena memang sangat jarang sekali saya klik klik per file dan folder untuk membuka aplikasi dan file didalamnya, dengan Blast Search saya rasa ada hal yang belum pernah saya rasakan sebelumnya, termasuk pencarian Proccess dan pencarian yang lebih mendalam. Hanya saja karena masih berstatus beta, ketika artikel ini ditulis, masih ada beberapa kekurangan yang saya rasakan, yaitu Bing Search dan Chromium tidak bisa digunakan. 

Menjawab pertanyaan diatas, saya akan mengatakan, Tidak!. Kenapa? karena jika dilihat dari Fitur dan ukurannya sendiri tidak ramah pada pengguna RAM dan Storage kecil. Selain itu ada baiknya nanti menginstal PowerToys ketika dirilis karena pencarian PowerToys Run yang dimiliki bisa dibilang hampir sama dengan Blast Search. Tetapi nih, jika kamu adalah penggila productivity maka Blast Search ini saya sangat rekomendasikan untuk digunakan, karena untuk mencari file dalam folder > sub folder di External Hard Disk sendiri bisa sangat cepat. 

Downloadnya Dimana?

Untuk kamu yang tertarik, kamu bisa mendownload Blast Search di Microsoft Store yang linknya saya sediakan berikut. Perlu diingat juga bahwa aplikasi ini bukanlah official dari Microsoft dan saat ini masih bestatus beta. 

Nah sekian artikel kali ulasan singkat ini, semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Blast Search - Aplikasi Search Powerfull Untuk Windows 10"