Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Favorit Saya Di Elementary OS


Dalam beberapa hari terakhir ini saya menggunakan Elementary OS, salah satu distro linux yang menjadi favorit saya. Sebagai penunjang pekerjaan dan produktivitas, ada beberapa aplikasi yang saya Install juga di Elementary OS ini, dan bagi kamu yang penasaran, berikut adalah Lima Aplikasi Favorit saya dalam Elementary OS. 

Baca Juga : 

Eddy

Eddy merupakan aplikasi Deb installer yang fungsinya mirip dengan GDeby, hanya saja Eddy dibuat khusus untuk Elementary OS. Saya suka dengan aplikasi ini karena tampilannya yang terbilang Simpel dan Minimalis, namun meskipun begitu fitur yang diberikan dapat menunjang segala aktifitas yang berhubungan dengan instalasi file .Deb, bagi kamu pengguna EOS, saya saranin deh mendingan pake Eddy dibandingkan GDeby. 

Quilter

Aplikasi ini merupakan sebuah Note sederhana yang dibuat khusus juga untuk Elementary OS, Fungsinya secara umum hanya untuk membuat Note dan menulis saja. Bahkan nih untuk membuat artikel ini, awalnya saya tulis dulu di Quilter, selain itu fiturnya sendiri cukup lengkap dengan Markdown Cheatsheet, Export, Font Changer, Dark Mode dan Focus Mode. Pokoknya pengguna Elementary OS yang gemar menulis, Quilter ini cocok bagi kamu deh. 

Tetapi memang jika dibandingkan dengan Evernote dan aplikasi Note lain, fitur yang diberikan Quilter ini masih dibilang kurang, terutama karena tidak adanya dukungan sinkronisasi. 

Optimizer

Nah kalo ini, saya sudah pernah membahasnya pada artikel sebelumnya, fungsinya tentu saja untuk mengoptimasikan system operasi Elementary OS yang digunakan. Dengan Optimizer ini kita bisa dengan mudah membersihkan Junk Files didalam system. Optimizer ini sama seperti dua aplikasi sebelumnya, yang mana memang dibuat khusus untuk Elementary OS. 

Google Chrome

Jika ini kalian pasti sudah tahu fungsinya buat apa. Alasan kenapa saya masih pake Google Chrome adalah karena untuk sekarang Edge Chromium masih belum tersedia di Linux, saya sebenarnya kurang suka dengan Chrome karena memang sepenuhnya pekerjaan saya sudah saya lakukan di Edge Chromium, namun sekali lagi Edge Chromium di Linux itu belum ada. Selain menggunakan Google Chrome, saya juga sebenarnya menggunakan Opera, namun karena beberapa hal pekerjaan saya lebih nyaman dilakukan di Google Chrome.


Visual Studio Code

Nah ini merupakan tools utama saya dalam bekerja, selain VSCode sebenarnya saya juga mengginstal LAMPP di Elementary OS sebagai bagian dari tool development. Di Elementary OS sendiri sebenarnya sudah ada Code, yaitu semacam code editor yang dibuat khusus untuk EOS, hanya saja Extensions yang saya perlukan hanya tersedia di VSCode saja. 



Nah itulah beberapa aplikasi yang saya install dan menjadi favorit saya di Elementary OS, ada beberapa aplikasi juga yang sebenarnya mengisi storage seperti VLC, Music, dan lainnya, namun itu jarang saya gunakan di Elementary OS, karena sekali lagi OS ini bukanlah OS yang utama dalam penggunaan harian saya. 

Beberapa aplikasi dapat kalian download langsung dari App Center, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Aplikasi Favorit Saya Di Elementary OS"