Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Paksa Semua Aplikasi Berjalan Dalam Mode Full Screen di Elementary OS

Di MacOS, Windows Control itu ada Close, Minimize, dan Full Screen, Elementary OS meskipun memiliki tampilan yang mirip dengan MacOS, sebagian fiturnya masih bisa dibilang jauh berbeda karena memang merupakan OS yang berbeda pula. Namun sebenarnya kita bisa mengakali beberapa hal didalamnya, salah satunya ya terkait dengan Windows Control di Elementary OS. 

Di Elementary Tweak, kita bisa mengubah Windows Control menjadi bergaya MacOS, namun bedanya behavior yang diberikan adalah (Close, Minimize, dan Maximize), secara default kita tidak bisa mengubah tombol Maximize tersebut agar menjadi full screen, tetapi kita bisa menambahkan keyboard Shortcut baru. 

Nah jika kamu perhatikan, di Settings > Keyboard > Windows > Shortcut, ada fitur yang dimatikan / disabled, fitur tersebut adalah Toggle Full Screen, dan kita bisa mengaktifkannya untuk menambahkan fungsi full screen kita sendiri. 


Seperti pada gambar diatas, saya mengubah keyboard shortcut dari Toggle Full Screen menjadi SHIFT + WIN + S yang mana merupakan akses yang cepat bagi saya. Setelah fitur diaktifkan, ketika kita menekan kombinasi yang telah kita atur, otomatis semua aplikasi yang mendukung full screen akan menampilkan full screen yang mana Dock, dan Wingpanel akan otomatis disembunyikan. 

Fitur ini mirip dengan Full Screen Mac OS, dan kerennya, kita masih dapat menekan tombol Windows Control Maximize seperti biasa, sehingga ada tiga fitur berbeda terkait Linux Windowing ini. 

Nah silahkan kamu coba sendiri, menurut saya fitur ini sangat wajib banget untuk diaktifkan, karena bisa menambah pengalaman Elementary OS menjadi sangat dengan MacOS, apalagi jika kamu hanya bertujuan menginstal Elementary OS karena tampilannya yang mirip Mac. Silahkan dicoba dan semoga berhasil. 
Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Paksa Semua Aplikasi Berjalan Dalam Mode Full Screen di Elementary OS"