Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyalahgunaan DMCA! Blog Sayugi dan Blogger Lain Kena Imbasnya



DMCA merupakan singkatan dari Digital Millennium Copyright Act, seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel terkait Copy paste dan Rewriting, kita bisa menggunakan DMCA untuk melakukan takedown artikel yang dianggap dicuri oleh orang atau telah melanggar kebijakan. 

Sayangnya sama seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, DMCA itu merupakan pedang bermata dua, dimana bisa saja disalahgunakan juga oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terkait hal itu baru baru ini saya selaku seorang penulis dan blogger yang sudah lama hidup dari dunia ini dan sangat menjunjung tinggi keaslian dan keoriginalan artikel yang dibuat,  telah menerima laporan DMCA pada kurang lebih 16 Artikel terkait VioM*** dan LinkMa** yaitu Template yang dibuat oleh Mas Sugeng, artikel yang saya tulis yang merupakan artikel Review dan Tips and Triknya telah dilaporkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dilaporkan sebagai penyebarluasan template ilegal. Dengan kata lain saya dilaporkan telah menyebarkan template tersebut secara gratis, padahal jelas itu adalah artikel Review dan tutorial terkait CSS dan kustomisasi. 

Dikatakan bahwa blog terdaftar, telah membagikan produk secara ilegal

Email pemberitahuan DMCA yang berpegaruh ke Blog saya. 

Cukup mengesalkan memang, awalnya saya mengira ini adalah laporan resmi dari Mas Sugeng selaku pembuat template, lalu saya coba hubungi  Mas Sugeng melalui email, dan disini saya mendapatkan jawaban yang cukup mengejutkan, dimana beliau mengatakan bahwa bukan dia yang membuat laporan DMCA tersebut, tetapi ada orang lain yang mengatasnamakan Sugeng.id untuk mentakedown artikel terkait VioM*** dan LinkMa*. Berikut saya screenshot pesan yang saya kirimkan ke Mas Sugeng, beserta jawaban beliau. 


Nah yang mengesalkannya ada sekitar 16 artikel yang dilaporkan, dan bisa kamu lihat pada halaman Lumendatabase.org berikut. Pelapor menggunakan nama sugengid, dan jelas itu bukan Mas Sugeng atau Sugeng.Id Asli, selain itu ada juga Blog Anak IT yang kembali lagi saya anggap bukan blognya helmykediri.com yang memang salah satu blogger lama yang sudah dikenal banyak orang. 


Terkait hal ini, tentunya bukan hanya saya yang mendapati laporan tersebut, tapi ada banyak blogger lain yang mendapati hal yang sama, padahal mereka hanya menulis artikel Review dan sebagian mengarahkan link afiliasi pembelian template. (btw kamu bisa membeli VioMagz dengan masuk Link ini)

Penyelesaian Masalah

Sesuai yang direkomendasikan oleh Mas Sugeng sendiri dalam email balasannya, saya coba untuk mengajukan banding pada salah satu artikel yang dilaporkan, dan setelah menunggu hampir 3 minggu, artikel kembali dapat ditayangkan karena memang jelas tidak melanggar kebijakan DMCA, bahkan bisa dibilang artikel yang saya tulis juga menguntungkan Mas Sugeng selaku pembuat template karena link yang diberikan langsung mengarah pada halaman beliau. 

Banding berhasil

Jadi untuk kamu blogger yang mengalami hal yang sama, silahkan coba ajukan banding, selama itu tidak melanggar kebijakan apapun. Untuk saya sendiri ada 16 Artikel terkait VioM*** dan LinkMa* yang berisi Review dan Tips And Trik CSS didalamnya, meskipun salah satu sudah kembali dapat ditayangkan, tampaknya pelaku masih akan beraksi kembali, sehingga saya rasa belum saatnya untuk mempublishnya kembali. 

Terkait ini juga, pada akhir 2019 lalu, Mas Sugeng sempat memberi klarifikasi dalam halaman Facebooknya bahwa dia tidak sekalipun membuat laporan DMCA, kamu bisa melihatnya pada halaman Facebook berikut. Selain blogsayugi yang membahas ini, saya cari ternyata ada banyak pembahasan yang sama, sebut saja dari www.doel.web.id, www.sekataku.com, www.dirga.id dan banyak lainnya. 

Terkait laporan ini tentu saja merupakan sebuah tindakan yang bisa dibilang tidak baik dan tidak terpuji, terutuma dengan menggunakan nama orang lain dalam laporannya, selain itu hal ini tentunya bisa menjatuhkan blogger lain sebagai content creator, apalagi sebagian hidup dengan mengandalkan pemasukan dari iklan dan link afiliasi.

Sebagai seorang blogger dan content creator, mari kita sama sama berjuang dan saling mendukung satu sama lain, bukan dengan cara saling menjatuhkan dengan laporan DMCA palsu.

Update 10 Juni 2020

Berhubungan sebagian artikel yang sebelumnya terindex di Google telah menghilang, ada pemberitahuan dari Google Search Console terkait URL tidak ditemukan. Dan untuk mengatasi masalah tersebut (berhubung artikel terkait VioMag* dan LinkMag* akan saya hapus dan unpublish sepenuhnya), kita bisa mengikuti langkah yang ditulis oleh www.dirga.id, dengan itu setiap pengunjung klik ke link yang telah dihapus, pengunjung akan langsung diarahkan kehalaman utama blog. 


Salam Blogger Indonesia. 

Tags : My Note

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

1 comment for "Penyalahgunaan DMCA! Blog Sayugi dan Blogger Lain Kena Imbasnya"

  1. Wah saya pernah jadi salah satu korban sekitar tahun 2013 blog di hapus nyesek rasanya.

    Kemaren juga kena pada artikel yg mereview template VioMagz mas sugeng, ternyata sada dapat email dari DCMA katanya ada pelanggaran saya bingung melanggar apa?

    Setelah tanya di grup FB baru ngeh ternyata ada yg jail dg Mas Sugeng, yg nggak mampu bersaing sehat akhirnya semua yg mengulas template VioMagz kena getahnya.

    Dari pada ruwet terpaksa saya hapus dulu dan artikel di simpan sementara, tapi Alhamdulillah sekarang sudah ane pos lagi.

    Ternyata orang iri dengki di manapun ada ya? enggak habis fikir

    ReplyDelete