Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Plank Theme di Elementary OS

Dulu saya sempat mengganti Plank dengan Docky karena animasinya yang lebih bagus dan mirip dengan MacOS, namun tetap saja karena saya adalah penggemar Elementary OS, maka Plank masih menjadi nomer satu dihati saya. 

Secara Default di Settings, tidak ada konfigurasi dan pengaturan terkait Plank, selain hanya mengubah ukuran Icon, dan posisi Plank. Namun dengan Trik sederhana, kamu sebenarnya bisa menerapkan tema yang bisa kamu download secara manual loh. 

Baca Juga : 


Penasaran bagaimana langkahnya? berikut saya akan rangkum langkah singkat Cara Install Plank Theme di Elementary OS. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download dulu Plank Theme pada halaman berikut. Cari saja yang sesuai selera kamu. 


Sebagai contoh, disini saya akan menerapkan tema Mac Dark Mode like Plank theme yang dapat kamu download pada halaman berikut

Langkah 2. Selanjutnya, setelah kamu download filenya, silahkan kamu Extract seperti biasa. 

Langkah 3. Selanjutnya, silahkan buka Terminal, dan masuk ke Lokasi dimana File yang kamu download tadi di Extract. Dalam kasus ini lokasinya ada di folder Download. 

Langkah 4. Selanjutnya silahkan Copy folder file yang kamu Extract tadi ke directory /usr/share/plank/themes, kamu bisa menggunakan perintah berikut. 

sudo cp -r Deafult-MAC\ THEME\(ROUND\)\ 3.3 /usr/share/plank/themes/
Klik Enter dan masukan password Root kamu, selanjutnya proses Copy akan langsung berjalan. Perlu diperhatikan juga Text yang saya tandai diatas silahkan disesuaikan dengan nama folder dari file yang kamu download tadi.  

Langkah 5. Untuk menerapkan Tema pada Plank, silahkan kamu tahan tombol CTRL (sebelah kiri), diikuti dengan klik Kanan pada Mouse. Selanjutnya klik Preferences. 
Selanjutnya pada bagian Appearance > Theme, silahkan kamu ubah sesuai dengan Folder yang tadi kamu Copy pada langkah 4. 

Dan selesai deh, silahkan kamu tutup Preferences diatas, dan lihat hasilnya. 


Nah bagaimana? mudah sekali bukan, awalnya saya juga bingung apakah plank ini bisa diubah apa enggak temanya, karena jika enggak, kenapa di directory /usr/share/plank disana ada folder themes?, maka jelas pasti ada langkah untuk mengubahnya, dan setelah saya coba coba ternyata langkahnya hanya klik kanan sambil menahan tombol ctrl saja. 

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. :)


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Install Plank Theme di Elementary OS"