Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS | Bagian 2 - Wingpanel Monitor

Beberapa bulan lalu, saya pernah membagikan sebuah tutorial yang sama dengan sebuah Wingpanel Indicator System Tray di Elementary OS, namun semejak saya menghapus Elementary OS di perangkat saya, secara tidak langsung saya juga berhenti mengikuti perkembangan beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan. Sampai akhirnya hari ini, dimana saya kembali melakukan instalasi Linux Favorit saya ini. 

Developer yang sama, PlugaruT beberapa bulan lalu menambahkan sebuah aplikasi Indicator System yang baru, disebut dengan Wingpanel Monitor, dimana fungsinya sama saja dengan versi sebelumnya, namun kini kita bisa mematikan indicator tersebut dengan mudah secara langsung melalui aplikasi tersebut. Hal ini tentnu saja cukup memudahkan kita untuk mengatur seandainya kita tidak ingin menampilkan Indicator System Tray di Wingpanel Elementary OS. 

Nah langsung saja deh, berikut adalah langkah instalasi Wingpanel Monitor di Elementary OS. 

Langkah 1. Pertama silahkan update System dan Repository kamu, pastikan dalam posisi paling terupdate. Selain itu pastikan juga beberapa aplikasi Depedency berikut sudah kamu install. 

libglib2.0-dev
libgtop2-dev
libgranite-dev
libgtk-3-dev
libwingpanel-2.0-dev
libgeoclue-2-dev
libgweather-3-dev
meson
valac
Cara installnya kamu bisa menggunakan perintah berikut didalam Terminal:
sudo apt install libgtop2-dev libgranite-dev libgtk-3-dev libwingpanel-2.0-dev meson valac libgeoclue-2-dev libgweather-3-dev

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu download Wingpanel Monitor pada halaman GitHub berikut

Langkah 3. Silahkan Extract file yang kamu download, dan selanjutnya didalam Terminal silahkan kamu masuk ke Directory File yang barusan di Extract. 

Langkah 4. Selanjutnya setelah kamu masuk didalam Directory file yang di extract, seperti yang saya tunjukan pada gambar diatas. Silahkan kamu masukan beberapa perintah berikut secara berurutan.

meson build --prefix=/usr
cd build
ninja

Langkah 5. Terakhir silahkan kamu masukan perintah berikut untuk memulai Instalasi Wingpanel Monitor.

sudo ninja install

Dan selesai deh, silahkan Reboot Elementary OS yang kamu gunakan, dan lihat hasilnya.

Wingpanel Monitor

Wingpanel Monitor Control Center
Nah silahkan dicoba, maaf banget nih screenshotnya tidak saya tampilkan secara penuh, karena ketika artikel ini ditulis, Wingpanel Monitor sudah saya Install sebelumnya, dan saya males jika harus Uninstall terlebih dahulu.


Ngomong Ngomong, selamat hari raya lebaran semuanya, mohon maaf lahir dan batin, semoga kita tetap sehat dan panjang umur sampai bisa bertemu pada lebaran selanjutnya. :)
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Menambahkan Indicator System Tray di Elementary OS | Bagian 2 - Wingpanel Monitor"