Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upgrade Versi Ubuntu ke Versi 20.04 LTS - Dari Ubuntu 18.04 LTS


April 2020 lalu, Canonical merilis Ubuntu versi terbaru, yaitu Ubuntu 20.04 ada beberapa fitur dan perbaikan kustomisasi yang menarik, dan tentunya cukup direkomendasikan untuk digunakan. 

Nah pada kesempatan kali ini, karena kebetulan di VM saya menggunakan Ubuntu 18.04 yang bisa dibilang sudah lama saya gunakan, mari kita coba upgrade ke Ubuntu 20.04. Dan berikut adalah langkah singkat yang dapat kamu lakukan untuk Upgrade Versi Ubuntu ke Versi 20.04. 

Melalui Software Updater

Sama seperti yang sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya, kamu bisa menggunakan Software Updater untuk melakukan upgrade, silahkan buka saja Software Updater untuk melakukan check for updates dan mendownload versi terbaru, namun dalam kasus kali ini, karena saya menggunakan Ubuntu 18.04 LTS hal langkah ini tampaknya tidak dapat saya lakukan karena posisi sudah dalam posisi paling terbaru. 


Jika menemukan pesan seperti diatas, silahkan lanjutkan ke langkah alternatif dibawah ini. 

Melalui Terminal

Nah langsung saja kamu buka Terminal, dan masukan perintah berikut ini:

sudo do-release-upgrade -c -d


Seperti gambar diatas, jika ada update, silahkan dilanjutkan dengan perintah terminal berikut ini:

sudo do-release-upgrade
Harusnya setelah itu upgrade akan berjalan, namun dalam kasus ini, tampaknya saya menemukan pesan seperti berikut, dimana saya harus mengubah sesuatu di update manager system. Pesannya adalah sebagai berikut:

Checking for a new Ubuntu release
There is no development version of an LTS available.
To upgrade to the latest non-LTS develoment release 
set Prompt=normal in /etc/update-manager/release-upgrades.

Hal ini tampaknya karena saya mencoba upgrade dari versi LTS, dan entah kenapa ada pesan diatas, harusnya langsung berjalan dengan biasa jika kamu menggunakan ubuntu versi Non LTS. Namun jika kamu mengalami hal yang sama, jangan khawatir karena tentu saja itu bukanlah menjadi masalah kita hanya perlu mengubah, caranya ketikan perintah berikut:

sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Kemudian ubah pada bagian Prompt dari lts menjadi normal seperti pada gambar berikut. 

Silahkan diubah

Hasil setelah diubah

Selanjutnya, silahkan simpan dan ulangi perintah berikut: 
sudo do-release-upgrade
Kemudian proses downloading dan upgrade akan berjalan. Langkah ini membutuhkan sedikit waktu yang cukup lama, pastikan juga kuota internet kamu mencukupi karena ukuran download akan lumayan besar. 


Silahkan ditunggu dan setelah proses selesai, silahkan reboot Ubuntu kamu dan sekarang silahkan lihat versi ubuntu yang kamu gunakan, seharusnya sudah berada di versi 20.04. Tepat seperti pada gambar berikut. 



Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Upgrade Versi Ubuntu ke Versi 20.04 LTS - Dari Ubuntu 18.04 LTS"