Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Meta Deskripsi Artikel Blog di Google Search

Salah satu kesalahan yang mungkin akhir akhir ini saya lakukan adalah kurangnya menambahkan sebuah Meta Deskripsi pada artikel di Blog, sehingga dengan itu pada halaman Google Search akan tampil seperti ini. 

Bisa dilihat, disana tidak ada deskripsi mengenai artikel yang saya tulis, berbeda dengan artikel yang saya publish di WinPoin yang mana menggunakan Wordpress dengan Plugin tertentu yang enggak bisa saya sebutkan namanya. Sehingga dengan itu akan menampilkan sebuah Meta Deskripsi yang jelas di Google Search. 


Namun terkait hal tersebut, nyatanya di Blogger sendiri ada sebuah tool bawaan yang dapat memungkinkan kamu mengatur Meta Deskripsi, hanya saja kita perlu memasukkannya secara manual, berbeda dengan Wordpress dengan plugin tertentu agar dapat secara otomatis menuliskan Meta Deskripsinya sendiri 

Dan pada artikel kali ini, saya akan sedikit merangkum bagaimana sih caranya menambahkan sebuah Meta Deskripsi Artikel di Blogger agar tampil di Google Search. Berikut adalah langkah singkatnya. 

Cara Menambahkan Meta Deskripsi Artikel Blog di Google Search

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke halaman Dasbor blogger dan silahkan kamu membuat artikel yang Meta Deskripsinya akan ditampilkan di Google Search. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan perhatikan pada bagian samping, disana ada sebuah opsi "Deskripsi Penelusuran". 


Pada opsi tersebut, kamu bisa menuliskan Deskripsi Penelusuran atau Meta Deskripsi sebanyak 150 karakter, silahkan kamu isi dengan apa yang kamu butuhkan. 


Langkah 3. Setelah dirasa cukup, silahkan kamu selesaikan artikel kamu dan publish seperti biasa. Dan jika sudah terpublish dan terindex di Google Search, harusnya kamu sudah mendapati Meta Deskripsi tepat seperti pada gambar berikut. 


Sebentar, tapi kok enggak berubah?, terkait hal ini dilansir dari Malas Ngeblog, perubahan akan terjadi beberapa waktu setelah Google melakukan crawling ulang, hal ini juga sempat menjadi pembahasan di halaman Support Google berikut

Namun selama artikel sudah tayang di Google Search, harusnya itu bukanlah menjadi sebuah masalah.  Nah bagaimana mudah sekali bukan? silahkan kamu coba. Semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menambahkan Meta Deskripsi Artikel Blog di Google Search"