Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika Dibutuhkan, Microsoft Edge Chromium Dapat Berjalan Dalam Internet Explorer Mode!

Seperti yang kita sudah tahu, Microsoft sudah lama meninggalkan Internet Explorer, Web Browser lawas mereka yang sudah hadir sejak jaman Windows Xp dulu. Sempat mengganti dengan Microsoft Edge Legacy yang ternyata kurang sukses dan kurang disukai pengguna, akhirnya Microsoft mengembangkan kembali Microsoft Edge dengan basis Chromium Browser, sama seperti yang hadir di Google Chrome. 

Meskipun Internet Explorer memang sudah ditinggalkan, namun masih banyak website tua yang masih menggunakan Rendering engine Internet Explorer, sehingga mau tidak mau, Internet Explorer masih dibutuhkan. Terkait hal tersebut, perlu diketahui bahwa Microsoft juga telah menambahkan integrasi Internet Explorer Mode di Microsoft Edge Chromium, dimana dengan itu kamu masih bisa membuka website tua dengan baik tanpa adanya masalah incompatibilty. 

Cara Mengaktifkan Internet Explorer Mode

Untuk sekarang di Microsoft Edge Chromium 86 atau yang lebih baru, kamu bisa mengaktifkan Internet Explorer Mode seandainya memang diperlukan, dan berikut adalah langkah mengaktifkannya. 

Langkah 1. Silahkan kamu buka Microsoft Edge Chromium. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan navigasi ke Settings > Default Browser. 


Seperti pada gambar diatas, disana dapat kamu perhatikan bahwa ada sebuah opsi "Allow sites to be reloaded in Internet Explorer mode", yang secara default dinonaktifkan. 
Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu aktifkan fitur tersebut. 


Selanjutnya untuk menyimpan konfigurasi, kamu diminta untuk melakukan restart, silahkan kamu restart saja Microsoft Edge Chromium tersebut. 

Selanjutnya untuk mencoba fitur yang telah diaktifkan sebelumnya, kamu bisa navigasi ke Settings & More (titik tiga dikanan atas browser) > More Tools > Reload this site in Internet Explorer Mode.


Setelah itu kamu akan secara otomatis dibawa pada mode Internet Explorer. 


Apakah Fitur Ini Memang Diperlukan?

Sebuah pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh sebagian pengguna Umum Microsoft Edge, Google Chrome, dan lain sebagainya, "apakah masih butuh Internet Explorer Mode?". 

Menjawab pertanyaan tersebut sebetulnya itu tergantung dari kebutuhan pengguna sendiri, jika kamu adalah Web Developer yang harus memperhatikan masalah kompatibilitas website yang dibuat, tentu Internet Explorer Mode ini akan diperlukan. Namun berbeda halnya dengan kita yang hanya menggunakan Web Browser untuk keperluan harian, misalkan bermain sosial media, searching, nonton video online, dan lain sebagainya, maka fitur Internet Explorer Mode ini tidak terlalu dibutuhkan. 

Kenapa?, karena pada dasarnya hampir semua website moderen telah menggunakan teknologi Rendering Engine HTML5 yang lebih modern yang pasti sudah didukung penuh oleh browser umum yang dapat kita temukan. 

Penutup

Meskipun Internet Explorer saat ini sudah bisa dibilang sekarat dan hampir mati, untuk beberapa kondisi Internet Explorer cukup dibutuhkan, dan dengan Internet Explorer Mode yang tersedia di Microsoft Edge Chromium, kita bisa dengan mudah mengaksesnya seandainya diperlukan. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Jika Dibutuhkan, Microsoft Edge Chromium Dapat Berjalan Dalam Internet Explorer Mode!"