Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Blog Kamu Dapat Diterima Adsense

Dalam kurun waktu dua bulan kebelakang ini, baik di Twitter, Instagram, Email atau bahkan pesan masuk ke Whatsapp dan Telegram, ada beberapa orang yang bertanya kepada saya, "Mas bagaimana caranya agar blog keterima adsense?" atau "Mas cara daftarin blog ke Adsense itu bagaimana?". Pertanyaan cukup serupa selalu saya terima, dan karena banyaknya pesan yang masuk terkait masalah yang sama, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi dari pengalaman saya pribadi dalam mengelola blog ini. 

Artikel ini akan cukup panjang, jadi silahkan disimak baik baik ya. 😁

Apa itu Adsense? dan Kapan Blog Ini Mulai Menggunakan Adsense

Seperti yang sudah banyak orang tahu, Google AdSense adalah program iklan dari Google yang mengijinkan pengguna untuk menjadi partner atau rekan mereka. Seluruh pengguna biasanya dapat mengikuti layanan ini dengan syarat mempunyai blog, website atau bahkan Youtube dengan syarat tertentu.

Saya memulai blog ini pada bulan Oktober 2018 dimana dalam pembangunan saya sudah memikirkan beberapa hal, termasuk domain, dan beberapa pelengkap lainnya, sedangkan untuk permohonan pengajuan adsense saya mulai pada tanggal 15 Oktober, tepat 15 hari setelah blog ini dibuat dan tentu  ketika pengajuan pertama, saya juga ditolak karena blog saya ini masih memiliki kekurangan dan kualitas yang kurang oke, lalu kapan permohonan tersebut diterima? cukup lama yaitu pada tanggal 20 Desember 2018, dimana dengan rasa senang dihati saya, blog saya ini akhirnya dapat menayangkan iklan. 


Beberapa Tips Untuk Kamu Yang Ingin Memulai

Meskipun penerimaan permohonan adsense di blog saya ini cukup lama sampai benar benar dapat menayangkan iklan, namun nyatanya itu bisa dibilang cukup cepat dibandingkan dengan blog lama saya www.sayugi.id dulu yang harus menunggu sampai 6 bulan dan 3 bulan lagi ketika mendaftarkan custom top level domain. 

Untuk mempercepat proses penerimaan adsense ada beberapa poin yang mungkin harus kamu perhatikan, terutama dalam pembuatan blog kamu dan berikut adalah diantaranya:

Platform Blog

Jika kamu menggunakan Blogger seperti saya sekarang, ada baiknya kamu menggunakan Custom Top Level Domain, bisa itu (.com, .id, atau lainnya), kenapa hal ini diperlukan? selain nantinya kamu tidak perlu lagi mendaftarkan ulang domain, dengan telah menggunakan TLD, blog tersebut bisa dibilang lebih professional dan dianggap bukanlah sebagai SPAM oleh Google. 

Sebenarnya tanpa TLD juga bisa, namun saya dan mungkin beberapa blogger lain akan lebih merekomendasikan kamu menggunakan TLD. 

Jumlah Postingan

Ketika saya mendaftar adsense untuk blog ini, tidak kurang dari 15 artikel sudah tayang di blog ini, dan tentu saya merekomendasikan kamu menulis konten yang bermanfaat, bukan copy paste, bukan konten gado gado dan konten harus jelas. 

Apa itu konten gado gado?, nah mungkin ada yang bertanya seperti itu, konten gado gado adalah konten acak, misalkan fokus atau tema blog adalah teknologi, tapi malah membahas masakan atau banyak konten campuran dengan tema yang tidak sesuai dengan konten utama blog. Misalkan blog saya ini, meskipun ada beberapa konten yang terkesan campuran, namun semuanya tidak jauh jauh dari konten teknologi dan dunia per bloggeran. Jadi untuk kamu usahakan blog yang kamu buat memiliki konten dengan tema atau niche yang jelas. 

Umur Blog

Nah salah satu yang menjadi cukup banyak perdebatan dikalangan blogger adalah berapa lama umur blog sampai dapat diterima adsense?, terkait hal ini setiap orang atau para blogger akan memiliki waktu yang hampir berbeda, ada yang blog nya berumur 2 bulan sudah keterima, ada yang enam bulan, bahkan ada yang satu tahun baru sampai dapat menayangkan iklan. 

Untuk masalah ini rekomendasi saya dan mungkin beberapa blogger lain adalah, silahkan kamu tunggu sampai blog kamu berumur setidaknya satu bulan atau dua bulan sebelum mendaftarkan adsense, karena jika tidak, kamu akan mendapati pesan penolakan bahwa blog kamu masih kurang layak untuk mendaftar adsense. 


Template Blog

Salah satu yang tentu harus diperhatikan adalah template atau tampilan blog itu sendiri, ketika memulai blog ini saya menggunakan template bawaan. Terkait masalah ini untuk mendaftar adsense, saya merekomendasikan kamu menggunakan template yang cerah, rapi dan sederhana, dalam kata lain template tersebut tidak ribet dengan berbagai komponen didalamnya, misalkan seperti cursor berefek atau hal lainnya. 

Utamakan template adalah template yang akan membuat pengunjung nyaman kedepannya. 

Halaman Statis Penting

Nah yang satu ini kadang jarang banget pengguna menyadarinya, dimana untuk membuat blog terkesan lebih professional dan terpercaya, buatlah halaman Kontak, Privacy Policy dan Term of Service jika diperlukan. 

Cara Mendaftar Adsense

Jika dirasa beberapa hal diatas sudah kamu cukupi dan dirasa blog kamu sudah oke dan siap mendaftar adsense, kamu dapat langsung saja masuk ke halaman pendaftaran adsense berikut.


Tepat seperti pada gambar diatas, setelah kamu masuk ke halaman adsense, silahkan kamu klik pada tombol "Mulai" atau "Start". Maka dengan itu kamu akan disuguhkan tampilan form pendaftaran seperti berikut. 


Selanjutnya silahkan kamu isi apa yang diperlukan, mulai dari domain, email dan dua radio button yang dapat kamu pilih Yes atau No nya. 


Selanjutnya silahkan klik Save & Continue, dan kamu akan disuguhkan halaman verifikasi kembali, silahkan kamu isi apa yang diperlukan. 

*Berhubung saya tidak memiliki akun lain untuk saya jadikan tutorial, mohon maaf saya hanya bisa menunjukkannya sampai segini saja, namun ada konten blog lain yang hampir serupa, dimana kamu bisa mengikuti langkah berikut. Sekali lagi mohon maaf ya. 😥

Penutup

Setelah kamu melakukan langkah tutorial dari halaman berikut ini. yang sekarang perlu kamu lakukan adalah menunggu sampai blog diterima oleh Google Adsense, biasanya informasi diterima atau tidaknya adalah beberapa hari setelah permintaan dikirim, namun kadang bisa lebih lama tergantung dengan keberuntungan kamu sendiri. Namun saya sangat menyarankan agar kamu berdoa agar permintaan kamu dapat diterima. 

Nah sebetulnya jika kamu sudah melakukan beberapa langkah dan tips diatas, kemungkinan akun kamu diterima adalah lebih dari 50%, sesuai dengan pengalaman saya sendiri, dimana hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan sampai akun adsense saya diterima dan dapat menayangkan iklan. 

Apakah langkah ini sudah selesai?, oh tentu belum dong, dimana setelah proses saldo adsense kamu mencapai 10 USD, kamu akan diberikan proses verisifikasi alamat, dimana Google akan memberikan sebuah PIN untuk mengaktivasi akun kamu kembali, jika langkah ini gagal, akun dan blog kamu tidak akan dapat menayangkan iklan untuk sementara. Saya sudah menulis masalah ini pada halaman berikut: PIN Adsense Tidak Sampai Kerumah Anda? Lakukan Cara Ini! jadi silahkan kamu cek ya. 

Tentu diwaktu dan masa pandemi ini banyak permintaan dan permohonan para blogger baru yang berusaha mendapatkan penghasilan dari adsense, sejujurnya penghasilan tersebut tidak banyak jika pengunjung memang kurang banyak juga, namun dengan receh yang terkumpul sedikit demi sedikit setiap harinya, untuk sebagian orang receh tersebut adalah uang yang sangat diharapkan. 

Sebagai seorang blogger, dan sebagai seorang yang sama sama terkena efek pandemi ini, saya sangat berharap kita semua dapat bertahan dalam dunia perbloggeran ini, semoga kamu diterima, semoga kamu dapat mendapatkan penghasilan tetap dari perkerjaan yang disebut dengan blogger ini. 

*Sekali lagi saya jelaskan artikel diatas adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi, sedangkan untuk tutorial, silahkan kamu ikuti langkah dari link yang telah disediakan. 

Terima kasih, dan semoga bermanfaat. Salam Blogger Indonesia. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Tips Agar Blog Kamu Dapat Diterima Adsense"