Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Terjadi Jika Kamu Mencoba Menghapus Folder System32 Di Windows 10


Sebuah ide gila terlintas difikiran saya malam minggu kemarin, dimana saya bertanya tanya, apa yang terjadi jika saya menghapus folder system32 di Windows 10, apakah system akan langsung hilang dan BSOD atau bagaimana?, karena sejujurnya saya belum pernah mencoba hal tersebut. Kabarnya menghapus folder tersebut akan membuat System menjadi BSOD atau langsung Blue Screen, namun karena saya sendiri belum pernah mencobanya, maka dengan itu mari kita sedikit buktikan dengan experiment gila ini. 

*Disclaimer, saya belum pernah menonton atau melihat artikel serupa, jadi mohon maaf jika saya kurang update, selain itu jika menghapus folder / di android saya pernah, dan Android 7 (waktu itu saya masih pake Samsung Galaxy A5 2016), dia langsung mati dan gagal boot. 

Apakah hal yang sama akan terjadi di Windows 10?, hmmm berikut hasil pengujian dan eksperiment ini. 

System yang saya gunakan

Untuk pengujian, disini saya menggunakan VirtualBox dengan Windows 10 20H2 Build 19042.630 yang pada bulan November ini bisa dibilang adalah build stable paling baru. 


System ini juga bisa dibilang adalah system utama saya untuk melakukan beberapa pengujian, baik itu pengujian fitur baru di aplikasi Edge Chromium, atau hal lainnya (yang biasanya artikelnya dapat kamu lihat di winpoin.com). 

Mencoba Menghapus Folder System 32

Ada beberapa langkah dan metode berbeda yang akan saya lakukan, yang mana itu adalah melalui File Explorer, Explorer++, Command Prompt, Command Prompt as Administrator, dan Powershell. Mari kita coba satu persatu, manakah yang paling efektif untuk benar benar menghapus folder system32. 

File Explorer

Langkah pertama yang saya lakukan tentu adalah membuka File Explorer, selanjutnya saya navigasi ke Local Disk C  > Windows, disana akan tampil folder system32, selanjutnya secara langsung saya menghapus folder tersebut dengan cara klik kanan > delete. 


Lalu apa yang terjadi?, tepat seperti pada gambar dibawah, kita akan diperlihatkan proses loading terlebih dahulu, dan selanjutnya muncul pemberitahuan bahwa folder tersebut tidak dapat terhapus karena memang kita sebagai user tidak memiliki akses penuh untuk mengubah file system. 




Explorer++

Sebuah aplikasi favorit saya yang sering saya gunakan untuk mengakses berbagai hal dengan lebih advanced, lalu apakah aplikasi ini juga dapat menghapus folder system32?, mari kita buktikan. 

Untuk langkahnya sendiri, sama seperti sebelumnya, saya mencoba membuka aplikasi explorer++ tanpa hak akses administrator, dan setelah saya mencoba menekan tombol delete, dia akan meminta konfirmasi hak akses administrator, berikut adalah screenshot yang saya ambil sebelumnya.



Selanjutnya, saya coba klik pada tombol continue dan langsung diarahkan pada pesan konfirmasi User Account Control, seperti biasa langsung saja klik saja Yes. 



Dan tepat seperti pada gambar diatas, folder system32 ternyata tidak dapat terhapus dengan aplikasi explorer++ namun bagaimana jika sebelumnya langsung saya jalankan sebagai administrator?. mengingat ini aplikasi third party explorer, berbeda dengan File Explorer bawaan yang sedikit sulit untuk dijalankan via Administrator. 

Saya mencoba langkah yang sama, namun dengan membuka aplikasi Explorer++ dengan cara open as Administrator diawal langkah, dan berikut adalah hasilnya. 


Tepat seperti pada gambar diatas, ternyata ada proses recycling yang tengah berlangsung dan tampak proses penghapusan berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan, proses tersebut cukup lama mengingat system ini saya simpan di HDD, dan setelah cukup lama menunggu dengan lebih dari 100.000 item berhasil di recycle, namun diakhir loading, saya diberikan informasi yang sangat tidak asing lagi. 


Ya, bahkan dengan hak akses administrator untuk Explorer++, kita tidak bisa menghapus folder system32. Tepat seperti pada gambar diatas. 

Command Prompt

Nah yang ketiga yang saya coba lakukan adalah mencoba mengapus folder system32 melalui Command Prompt dengan akses User, dan seperti yang sudah dapat kamu tebak, hasil menampilkan kegagalan. 


Lalu bagaimana jika saya menggunakan Command Prompt yang dijalankan dengan akses Administrator, berikut adalah hasilnya. 


Tepat seperti pada gambar diatas, ternyata kita masih tidak bisa menghapus folder system32 dengan menggunakan perintah rmdir di Command Prompt. 

Sedangkan untuk Powershell saya anggap saja langkahnya akan menghasilkan hasil yang sama seperti Command Prompt, jadi saya lewati langkah tersebut. 

Hasil Experiment

Nah berdasarkan pembahasan saya diatas, bisa dibilang bahwa menghapus folder system32 adalah tidak dimungkinkan karena memang kita memerlukan langkah tambahan, jadi jika kamu berniat untuk menjahili orang lain dengan langkah menggunakan CMD misalnya, maka di versi Windows 10 terbaru, hasil akan menunjukkan hal yang sama seperti apa yang saya bahas diatas. (mungkin berbeda os bisa berbeda hasilnya, silahkan kamu coba di Windows 7 atau Windows 8). 

Selain langkah diatas, ada juga beberapa langkah lain yang saya lakukan, dengan cara mengubah akses dan ownser dari si folder system32 tersebut menggunakan perintah berikut

takeown /f C:\Windows\System32

Perintah tersebut adalah perintah untuk mengubah ownership dari folder Sys32, selanjutnya silahkan kamu ubah permissions dengan menggunakan perintah berikut

cacls C:\Windows\System32

Nah berikut adalah screenshot yang saya ambil dari memasukkan kedua perintah tersebut melalui Command Prompt as Administrator. 


Setelah selesai memasukkan kedua perintah sakral tersebut, saya langsung saja mencoba menghapus folder system32 dengan menggunakan file explorer seperti sebelumnya, dan berikut adalah hasilnya. 


Tetap gagal, lalu bagaimana dengan menggunakan Explorer++ yang saya jalankan melalui hak akses Administrator?


Dan masih tetap gagal, dan sebentar, disana menampilkan informasi bahwa saya memerlukan akses user biasa, maka sekarang saya coba menggunakan akses biasa tanpa akses admin. 


Dan hasil ternyata masih sama seperti sebelumnya, tepat seperti pada gambar diatas, kita akan dimintai akses Administrator, dan selanjutnya hasil akan menunjukan kegagalan. 



Kesimpulan

Berdasarkan hasil experiment dan penelitian saya diatas, bisa dibilang untuk menghapus folder system32 tidak dapat dilakukan langsung begitu saja, baik menggunakan akses administrator, dan bahkan mengubah owner dan permission tetap saja membuahkan hasil yang sama. 

Dan dengan itu ada dua pembelajaran yang dapat diambil dari hal ini, yang pertama adalah tidak ada orang lain yang dapat dengan mudah menghapus folder system32 untuk berniat jahat pada kita, dan kedua adalah bahkan dengan akses administrator, kita tidak punya akses apapun di system Windows 10. 

*Disclaimer lagi, hasil bisa saja berbeda tergantung dari perangkat, versi system operasi dan langkah yang dilakukan, langkah diatas hanyalah langkah yang orang awam seperti saya saja, jika kamu menggunakan metode lain dengan masuk ke safe mode, atau menggunakan PSTools bisa saja folder system32 langsung terhapus begitu saja. 

Nah sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih, jangan lupa berikan metode kamu sendiri dikolom komentar dibawah. 😁

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Apa Yang Terjadi Jika Kamu Mencoba Menghapus Folder System32 Di Windows 10"