Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Tema Microsoft Office 2013 di LibreOffice 7.0



Sebagai permulaan, hari ini adalah hari yang mengawali langkah saya untuk beralih dari Elementary OS ke Manjaro, yap langkah besar dari Distro berbasis Debian dan Ubuntu ke Arc yang mana ternyata menurut saya lebih asik, selain perintah instalasinya jadi lebih singkat, saya bisa melakukan instalasi lebih banyak aplikasi di Distro ini. 

Cukup dengan basa basi yang akan saya tulis nanti pada artikel Review dan Pengalaman, pada kali ini saya akan sedikit membahas sebuah langkah singkat yang mungkin dapat kamu ikuti seandainya kamu menggunakan LibreOffice 7. 

Ya, di Linux itu tidak ada aplikasi Microsoft Office, dan lisensi Microsoft Office yang sudah saya beli jadi tidak terpakai, sebenarnya kita bisa menggunakan Office Online, namun untuk keperluan Offline, tentu kita juga harus siap dengan aplikasinya. Untuk alternatif, dibandingkan menggunakan WPS seperti dahulu saya lakukan, kini saya menggunakan LibreOffice 7 yang memang cukup baru dan dapat diinstal melalui paket Snapd. 

Namun karena telah terbiasa dengan tampilan Microsoft Office, maka saya perlu sedikit memodifikasi tampilannya agar tampak serupa dan tampak familiar dimata saya ini, berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai langkah pemasangan dan instalasi tema Microsoft Office 2013 di aplikasi LibreOffice 7.0, penasaran?, berikut adalah langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download Extensions Office2013 dari Link berikut

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu buka LibreOffice 7.0 yang kamu gunakan, bisa itu Writer atau Calc, bebas yang manapun, tapi disini saya akan membuka LibreOffice Writer. 


Langkah 3. Didalam aplikasi, silahkan kamu klik Tool > Extensions Manager, dan selanjutnya silahkan kamu tambahkan Extension yang telah kamu download pada langkah pertama. 


Langkah 4. Setelah selesai, ada baiknya kamu Restart dulu aplikasi LibreOffice tersebut, dan setelah kamu buka kembali, silahkan kamu masuk ke Tools > Options. 

Didalam menu tersebut, silahkan kamu klik pada bagian View dan silahkan ubah Icon Style menjadi Office2013, tepat seperti pada gambar berikut. 


Setelah selesai, silahkan kamu klik OK dan silahkan kamu Restart kembali aplikasi LibreOffice kamu, dan sekarang seharusnya tampilan Icon telah berubah menjadi mirip dengan apa yang hadir di Microsoft Office 2013. Contohnya adalah seperti pada gambar pertama diatas, kebetulan saya sudah memasangkan Tema tersebut sebelumnya. 

Nah untuk kamu pengguna LibreOffice, silahkan dicoba, namun perlu diperhatikan, langkah ini berbeda di versi lama, pastikan kamu sudah menggunakan LibreOffice 7 terbaru yang dapat kamu download via Snapd atau website resminya. 

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Pasang Tema Microsoft Office 2013 di LibreOffice 7.0"