Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Seluruh Halaman Website Tanpa Aplikasi dan Ekstensi

Kadang dalam beberapa kondisi saya harus melakukan full page screenshot pada website atau blog yang saya buat dan kembangkan, entah itu untuk saya sendiri sebagai dokumentasi, atau untuk para client yang memang menggunakan jasa saya dalam pembuatan sebuah website atau blog. 

Dulu saya menggunakan aplikasi PicPick untuk melakukan full page screenshot, namun terkadang ada glitch yang terjadi jika halaman cukup panjang kebawah.

Hingga kini akhirnya saya menggunakan sebuah tools bawaan dari browser itu sendiri, dan bersamaan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial singkat terkait cara mengambil screenshow seluruh halaman website tanpa aplikasi dan ekstensi. Namun perlu diketahui, arti seluruh dalam konteks ini adalah full page screenshot, dimana dari x ke y dan dari atas kebawah. Berikut langkah langkahnya. 

Catatan. Disini saya menggunakan Microsoft Edge Chromium (jika kamu pengguna Chromium Based Browser seperti Google Chrome, Vivaldi, Opera, dan lainnya), saya rasa caranya hampir sama, silahkan kamu sesuaikan. 

Langkah 1. Pada halaman yang akan kamu ambil full page screenshot nya, silahkan kamu tekan tombol kombinasi berikut : CTRL + SHIT + I, sampai muncul developer tools seperti pada gambar berikut. 


Jika seandainya tidak terbuka seperti pada gambar diatas, cara alternatif untuk memunculkan developer tools adalah dengan klik kanan > inspect. 


Langkah 2. Didalam menu developer tools, silahkan kamu ambil kamu akan memilih layout seperti apa, responsive, atau mobile (iphone x. pixel 2, dll), silahkan kamu sesuaikan dengan pilihan kamu. 


*Disini saya akan menggunakan Responsive saja. 

Langkah 3. Selanjutnya dan terakhir, silahkan kamu klik pada titik tiga seperti pada gambar berikut, lalu pilih capture full size screenshoot. 


Jika sudah kamu klik, otomatis browser akan melakukan prosesnya sendiri, dan hasil dari screenshot akan dapat kamu download setelahnya. 


Dan berikut hasil dari langkah diatas. 


Nah bagaimana mudah sekali bukan?, jika kamu menggunakan browser lain, silahkan kamu sesuaikan dengan browser tersebut, namun jika menggunakan Chromium Based Browser, harusnya langkahnya akan mirip dan cenderung sama. 

Sekian tutorial kali ini, silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Screenshot Seluruh Halaman Website Tanpa Aplikasi dan Ekstensi"