Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review dan Pengalaman Penggunaan HP Gaming Keyboard K300

Bulan Maret 2020 lalu, saya memutuskan untuk membeli sebuah Gaming Keyboard baru untuk menambah rasa baru sekaligus menambah kecepatan mengetik saya. Sebagai permulaan, sebelumnya saya sudah pernah menggunakan Gaming Keyboard dari NYK yang cukup murah, namun ada sedikit masalah di keyboard tersebut, dimana tombol CTRL sebelah kiri mati dan tidak berfungsi untuk melakukan input tombol kombinasi (seperti CTRL + A dan kawan kawannya). 

Dan karena masalah tersebutlah saya memutuskan untuk membeli sebuah Gaming Keyboard baru. Setelah cukup lama saya mencari keyboard gaming dengan rentan harga Rp150000 sampai Rp400000, akhirnya saya menemukan sebuah pilihan yang menarik yaitu HP Gaming Keyboard K300. 

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah harganya yang murah dan mereknya yang bisa dibilang tidak murahan. Dan berikut saya sedikit ulas perangkat Keyboard dari HP yang sudah hampir 7 bulan ini saya gunakan. 


Spesifikasi

Berdasarkan informasi yang saya peroleh ketika pembelian, HP Gaming Keyboard K300 memiliki spesifikasi yang cukup menarik, termasuk backlight, tombol multimedia, dan yang menurut saya paling penting adalah full keyboard (dimana ada tombol numpad bawaan), selain itu ketika mengetik suara yang dihasilkan juga tidak berisik dan cukup enak didengar. 

Berikut adalah spesifikasi lengkap yang saya kutip dari halaman pembelian HP Gaming Keyboard K300. 

Specifications :
- Connection type : USB Wired
- Number of Buttons : 106
- Key Route : 2.0mm
- Key Force : 50g±5g
- Rate voltage/current : DC5V/<250mA
- Number of Multimedia Button : 6(combination with FN key)
- Unpackaged Product Dimensions : 437.9 mm(L) x 130.3mm (W) x 34.8mm(H)±0.5mm
- Cable Length : 1.8M(rubber cable)
- Unpackaged Product Weight : 644g±5g(includes cable)
- Supported Operating Sysems : Windows 98SE/ME/2000/XP/Vista/7/10/MAC OS

Features :
- Elegant and minimalist design
- Enjoy typing all day:with a thick keyboard with responsive keys.
- Thick keyboard with responsive keys.
- Special LED backlight highlights its elegant looks and functionality.
- Designed for comfort.Adjustable legs provide flexible wrist positions.
- No distractions here.Quiet keys maintain peaceful game&play environments.
- HP standard one-year limited warranty from date of purchase.


Spesial Feature

Seperti yang dapat kamu lihat pada daftar diatas, ada beberapa hal yang mungkin saya sebut saja sebagai spesial feature, yaitu Thick Keyboard, LED, Tidak berisik, dan Garansi yang cukup panjang. Namun meskipun memang tidak bisa disebut spesial, dengan hadirnya tombol Multimedia dan tombol FN, keyboard ini akan sangat bermanfaat sekali untuk digunakan. 



Harga dan Pembelian

Ketika saya membeli Keyboard ini, saya mendapatkan harga sekitar Rp150000, harga tersebut adalah harga promo dari harga asli Rp245000.


Untuk pembeliannya, saya mendapatkan keyboard ini dari Tokopedia HP Gaming Official yang juga dapat kamu akses pada link berikut


Namun ketika hari ini 01 November 2020 ketika saya menulis artikel ini, harga promo adalah Rp175000, namun tetap saja harga tersebut cukup murah jika dilihat dari kualitas dan rasa yang memang mantap di Keyboard ini. 


Pengalaman Unboxing

Untuk poin ini saya sudah upload di channel Youtube saya, silahkan kamu lihat pada video berikut:



Ukuran dan Tingkat Backlight

Secara dimensi, keyboard ini pas untuk saya pribadi, dengan ukuran sisi sisi yang minimalis, setiap tombolnya terasa ditempatkan dengan semaksimal mungkin, berbeda dengan saudaranya HP Gaming K1000 yang menurut saya terlalu besar dan jadi terlihat kurang minimalis. 


Untuk tingkat backlight, pada dasarnya ada tiga mode berbeda, Off, Medium Bright, dan Dinamis. Kamu bisa mengatur tingkat dan mode Backlight ini dengan menggunakan tombol kombinasi FN + arah panah atas atau bawah yang tersemat di tombol 8 dan 2 pada bagian Numpad. 




Rasa Dan Pengalaman


Meskipun pada dasarnya rasa penggunaan Keyboard ini sama seperti keyboard umum lainnya, namun menurut saya yang memang belum pernah menggunakan Gaming Keyboard diatas Rp400000, untuk Gaming Keyboard seharga Rp200000an, ini adalah Keyboard yang cocok untuk kamu lirik dan coba. 

Ada beberapa alasan kenapa saya berkata seperti itu, yang pertama adalah Manufaktur dan Garansi. Seperti yang dapat kamu lihat dari mereknya sendiri, HP Gaming Keyboard ini adalah milik HP, dan HP adalah salah satu merek dagang yang sudah cukup lama dan sudah terkenal dalam dunia Hardware komputer, terutama seri laptop mereka. 

Sedangkan Garansi, menurut saya satu tahun garansi HP adalah waktu yang cukup panjang, dan selama menggunakan keyboard ini hanya untuk mengetik dan bukan untuk memukul pacar barunya mantan, saya rasa keyboard ini akan awet hingga 3 - 5 tahun kedepan. 

Selain itu, menurut saya ukuran dan ketebalan keyboard ini cukup pas untuk meja saya yang kecil dan cukup pas juga untuk tangan saya yang memang tidak macho ini, dan dengan itu sejak menggunakan keyboard ini, rasanya kecepatan mengetik saya juga telah bertambah. 

Gaming di Keyboard Ini

Saya juga pernah main game, dan diantaranya game yang saya mainkan menggunakan Keyboard ini adalah Total War : Shogun 2, The Forrest, World War Z, Age Of Empires III, dan beberapa game RTS yang saya suka lainnya. Dan tentu keyboard ini sangat nyaman, empuk dan mantap ketika digunakan bermain game, apalagi jika itu adalah game FPS atau game Survival seperti The Forrest, sehingga dengan rasa nyaman tersebut saya cukup asik dalam berpetualang didunia digital tersebut. 


Kesimpulan

Karena memang tidak ada banyak hal yang dibahas di HP Gaming Keyboard K300 yang simpel dan mantap ini, berdasarkan rasa dan kepuasan saya dalam penggunaan selama hampir tujuh bulan sejak pembelian, saya tidak kecewa sekali, karena dengan harga Rp150000 ketika saya membeli ini Maret 2020 lalu, saya puas dengan kualitas, desain dan fitur yang diberikan Keyboard ini. 

Sekian artikel review kali ini, perlu diketahui bahwa artikel ini sepenuhnya berdasarkan pendapat dan opini saya pribadi selama menggunakan HP Gaming Keyboard K300, rasa dan pengalaman bisa saja berbeda tergantung pendapat dan opini masing masing orang. 

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Review dan Pengalaman Penggunaan HP Gaming Keyboard K300"