Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Open Port di Linux


Melihat Port yang terbuka atau Open Port di system operasi, menurut saya adalah salah satu hal yang penting, apalagi jika itu adalah perangkat server, karena open port bisa saja menjadi masalah dan menjadi celah yang tidak baik untuk keamanan dari server itu sendiri. 
 
 
Umumnya server menggunakan Linux, baik itu Ubuntu Server, Debian Server, CentOS dan lainnya, saya sendiri di rumah menggunakan Ubuntu Server yang saya andalkan untuk keperluah home server saya pribadi. Nah mengenai hal tersebut, mengenai keamanan dan open port, pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukkan langkah singkat untuk melihat Open Port yang ada pada system operasi Linux yang kita gunakan.

*Untuk pengujian, disini saya menggunakan Linux Manjaro dan Ubuntu Server, mari kita lihat port mana saja yang terbuka. 

Langkah 1. Pertama silahkan buka terminal (jika kamu menggunakan OS non server). 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah berikut:


netstat -antplF

Jika perintah sudah kamu masukkan, silahkan kamu klik enter, dan normalnya kamu akan melihat tampilan daftar seperti pada gambar berikut. 

Seperti pada gambar diatas, disana akan ditampilkan local address : port, dan foreign address : port, nah disana kita bisa melihat port apa yang terbuka, dan pada gambar diatas, hampir seluruhnya adalah port tcp 443 yang mana itu diantarnya adalah koneksi https yang cukup aman untuk akses dan digunakan.
 
Sekarang mari kita lihat hasil dari perintah diatas jika saya masukkan di Ubuntu Server yang saya gunakan. 

Nah seperti yang dilihat pada gambar diatas, bahwa port yang terbuka dan sedang berjalan adalah port 22, port 22 itu biasanya digunakan untuk Secure Shell (atau disebut juga dengan SSH), karena saya memang menggunakan ssh, maka port tersebut aman untuk digunakan. 

#Jika kamu memiliki server apa yang harus kamu lakukan?

Untuk menambah keamanan, berdasarkan pengalaman dan penjelasan dosen saya dulu waktu kuliah, ada baiknya kamu mematikan port yang tidak digunakan menggunakan firewall atau semacamnya, misalkan kamu tidak menggunakan SSH, silahkan matikan port 22, karena semakin banyak port yang terbuka, semakin besar juga kesempatan adanya serangan dan eksploitasi dari pihak luar.

Nah begitulah cara untuk melihat open port di Linux, silahkan dicoba, semoga bermanfaat, artikel lainnya akan saya coba tulis dalam beberapa waktu kedepan. 

Terima kasih.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Melihat Open Port di Linux"