Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Microsoft Edge Chromium Berjalan Secara Otomatis

Jika kamu tidak menggunakan Microsoft Edge Chromium sebagai default browser kamu, ada baiknya kamu menonaktifkan proccess aplikasi tersebut agar tidak berjalan secara otomatis ketika proses Startup atau ketika system sedang dalam kondisi idle. 

Hal ini tentu selain dapat menambah sedikit performa, ini tentunya direkomendasikan untuk kamu yang kurang mempercayai Microsoft terkait telemetri-nya. Nah berkaitan dengan hal tersebut, berikut saya rangkum sedikit langkah untuk mencegah Microsoft Edge Chromium dari berjalan secara otomatis.

Untuk kamu pengguna Windows 10 Pro atau Enterprise, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Silahkan kamu buka Group Edit Policy / Edit Group Policy, (ketik saja gpedit) di Start Menu. 

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Edge. 

Disana kamu akan menemukan "Allow Microsoft Edge to pre-launch at Windows startup, when the system is idle, and each time Microsoft Edge is closed", silahkan kamu set dari Default ke Enabled dengan opsi "prevent pre-launch", tepat seperti pada gambar berikut. 

Silahkan kamu klik OK untuk menyimpan perubahan, setelah pengaturan tersebut selesai, silahkan kamu lakukan langkah yang sama pada "Allow Microsoft Edge to start and load the Start and New Tab page at Windows startup and each time Microsoft Edge is closed ". 

Untuk informasi keduanya, kamu dapat melihat pada kolom help disampingnya, dimana kita melakukan prevent/pencegahan preloading dan prelaunch, sehingga Microsoft Edge tidak akan melakukan load, ketika proses Sign-in. 

Hasil cukup dua fitur saja yang harus kamu aktifkan dengan di set ke Prevent pada masing masing pengaturan, jika sudah selesai, silahkan kamu simpan perubahan dan harusnya sekarang Microsoft Edge Chromium tidak akan berjalan secara otomatis kembali. 

Nah sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat.

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Mencegah Microsoft Edge Chromium Berjalan Secara Otomatis"