Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktivasi Minitool Partition Wizard 12 Pro

 
Untuk mengatur partisi, mungkin kamu sudah pernah mendengar saya berkali kali mengatakan bahwa menggunakan Disk Management di Windows 10 sendiri sebenarnya sudah cukup, dengan catatan jika itu hanya sebatas untuk memformat, mengubah ukuran partisi, dan hal sederhana lainnya, namun ada kalanya, kita membutuhkan tools lain yang lebih advanced, seperti untuk mengubah MBR ke GPT, NTFS ke FAT dan hal advanced lainnya tanpa harus kehilangan data apapun didalam Hardisk yang kita miliki.  

Terkait hal tersebut, kita bisa menggunakan sebuah aplikasi sederhana bernama Minitool Partitions Wizard yang kebetulan beberapa waktu lalu telah mendapatkan pembaruan dari versi 11.5 menjadi 12.1.

Meskipun aplikasi ini sederhana, jangan salah karena fitur yang diberikannya sendiri tidak sederhana, banyak sekali fitur advanced yang diberikan, seperti mengubah serial number partisi, mengubah cluster size, bahkan melakukan Migrasi OS dari SSD 1 ke SSD 2.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis lisensi yang berbeda, Free, Pro, Pro Deluxe, Pro Ultimate, Server, Enterprise dan Technician, kamu bisa melihat perbedaan dari jenis lisensi tersebut pada halaman resmi Minitool berikut.  Terkait hal tersebut, untuk artikel Reviewnya sendiri sedang saya kerjakan dan kemungkinan besar akan dipublish pada akhir minggu ini, namun sebagai permulaan, berikut saya rangkum beberapa langkah singkat untuk kamu yang ingin mencoba melakukan aktivasi Minitool Partitions Wizard 12.1 Pro.

Langkah 1. Download aplikasi Minitool Partitions Wizard dari halaman Resmi berikut atau kamu bisa klik link berikut untuk langsung mengunduh file instalasi.

Langkah 2. Selanjutnya install aplikasi Minitool Partitions Wizard 12.1, pastikan ketika proses instalasi berlangsung, kamu terhubung ke koneksi internet, karena aplikasi akan mendownload package terbaru dari server Minitool. 


Perlu diperhatikan juga, bahwa kamu mungkin akan ditawari aplikasi Minitool Shadow Maker Free, silahkan hilangkan checklist jika kamu tidak ingin mendownloadnya. 

Setelah instalasi selesai, kamu sudah mendapatkan versi Free yang dapat kamu gunakan dengan sedikit batasan fitur tertentu. 

Dan untuk untuk kamu yang telah memiliki lisensi Minitool Partitions Wizard 12.1, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk proses aktivasi lisensi, jika belum memiliki lisensi kamu bisa membeli lisensi terlebih dahulu pada halaman resmi Minitool berikut

*Perlu diketahui, saya tidak merekomendasikan kamu menggunakan Lisensi Ilegal, Crack, dan Patch, karena selain itu melanggar hukum, itu bisa membahayakan perangkat kamu dari malware, ransomware dan masalah keamanan lainnya. 

Langkah 3. Setelah instalasi selesai, silahkan kamu buka aplikasi Minitool Partitions Wizard 12.1 tersebut. 

Tepat seperti pada gambar diatas, bisa dilihat disini saya masih menggunakan Lisensi Free, dan karena kebetulan saya sudah memiliki lisensi Pro (bukan Pro Deluxe atau Pro Ultimate), maka saya dapat mengaktifkan lisensi tersebut dan mengubah versi Minitool Partitions Wizard Free ini menjadi Pro, berikut langkahnya. 

Langkah 4. Silahkan kamu klik pada bagain Register di pojok kanan atas, tepat seperti yang saya tandai pada gambar berikut. 


Selanjutnya silahkan kamu masukkan saja lisensi yang kamu miliki pada kolom yang disediakan.


Jika sudah kamu masukkan, silahkan klik pada tombol Register yang tersedia, dan proses akan selesai dengan ditandai pesan seperti berikut, yang mana artinya lisensi kamu sudah berhasil diaktivasi. 

Silahkan kamu lihat pada menu About di aplikasi Minitool Partitions Wizard, untuk melihat masa aktif dan jenis lisensi yang kamu gunakan. 

Perbedaan Jenis Lisensi

Sedikit membahas jenis lisensi Minitool Partitions Wizard, selain versi Free, ada versi Pro dan Pro Deluxe yang memiliki jangka waktu lisensi selama 1 tahun, lalu ada lisensi Pro Ultimate yang memiliki jangka waktu lisensi selamanya serta dapat digunakan di tiga perangkat berbeda, lisensi Server, Lisensi Enterprise dan Lisensi Technician. 

Untuk saya sendiri, disini saya mengunakan lisensi Pro biasa, dengan tanpa dukungan Recover Lost/Deleted Partition dan Data Recovery, namun secara keseluruhan fitur yang diberikan sama dengan apa yang jenis lisensi Pro Ultimate, Server, Enterprises dan Technician berikan. 

Untuk lebih jelasnya, saya akan tulis semuanya pada artikel review, jadi silahkan stay tune di Blog sayugi ya. 

Sekian tutorial singkat kali ini, silahkan dicoba, untuk link pembelian lisensi sendiri sudah saya masukkan dalam artikel, Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Aktivasi Minitool Partition Wizard 12 Pro"