Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Bloatware di Nokia 6.1 Plus (Tanpa Root)

 

Meskipun Nokia 6.1 Plus hadir dengan system operasi Android One, namun sayangnya didalam perangkat ini masih membawa sejumlah bloatware tingkat system yang menurut saya cukup merugikan, saya sudah membahas mengenai hal ini pada artikel Cara Mengatasi Internet Lambat di Perangkat Android Tapi Cepat Jika Untuk Tethering. 

Salah satu bloatware yang saya rasakan, selain Babe dan PicMix, ada aplikasi system bernama Evenwell yang pada dasarnya, berfungsi untuk menjaga stabilitas sistem dan memperkuat daya tahan baterai di antara berbagai layanan / fitur lainnya. Namun setelah diperhatikan, aplikasi ini juga memiliki telemetri yang mengirim data ke perusahaan mereka yaitu ke China.

Apa itu Evenwell?

Bagi yang belum tahu, EvenWell atau FiH merupakan perusahaan yang berbasis di China, perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Grup Besar bernama Foxxconn yang memproduksi peralatan elektronik untuk dijual ke seluruh dunia. Grup Evenwell ini bisa dibilang merupakan mitra bisnis Nokia / HMD Global, dan mereka bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak pada ponsel Nokia (dalam kasus ini Nokia 6.1 Plus adalah salah satunya). Secara umum, perangkat Nokia generasi pertama dan kedua tidak memiliki bloatware, namun jika kamu perhatikan dan lihat kembali lebih dalam pada pengaturan (System App), kamu pasti akan menemukan aplikasi Evenwell ini. 

Terkait dengan bloatware Evenwell ini, seperti dilansir dari halaman NokiaMob berikut,  Nokia sendiri sebenarnya sudah menghentikan dan tidak lagi menggunakan Evenwell services/apps pada perangkat mereka, namun tetap saja untuk perangkat lama seperti Nokia 6.1 Plus yang saya gunakan ini, aplikasi Evenwell masih tetap ada. 

Mungkin kamu sendiri bisa melihatnya pada jajaran aplikasi System, kamu bisa melihat lebih jelas jika kamu menggunakan aplikasi seperti App Inspector. 

Nah berkaitan dengan hal tersebut, untuk menjaga dan lebih meningkatkan privasi, ada baiknya kamu melakukan uninstall pada aplikasi Evenwell ini, bersamaan dengan hal tersebut, beberapa waktu lalu saya sudah mengembangkan kembali sebuah script untuk menghapus aplikasi Evenwell, ditambah untuk menghapus aplikasi Babe dan PicMix jika kamu menginginkannya, nah bagi yang penasaran, berikut adalah langkah langkahnya. 

*Disclaimer, Jika perangkat mengalami kerusakan, fungsi tidak bekerja, atau ada masalah lainnya, pengguna bisa melakukan Factory Reset atau kembali ke pengaturan awal melalui Recovery Mode.

*Dengan menggunakan Script ini, kamu menyetujui bahwa setiap kerusakan, kesalahan dan masalah pada perangkat bukan menjadi tanggung jawab saya.

Yang harus disiapkan

  1. Sebuah ponsel Nokia (dalam kasus ini adalah Nokia 6.1 Plus Region Indonesia (Model: TA-1116).
  2. ADB Fastboot Portable yang dapat kamu download pada halaman berikut : https://androidfilehost.com/?fid=6006931924117923181
  3. Script Debloater versi terbaru yang dapat kamu download pada halaman berikut.
  4. PC/Laptop dengan system operasi Windows 7 atau yang lebih baru.
 
Jika empat persiapan sudah kamu lakukan, silahkan kamu mengikuti beberapa langkah berikut, dimulai dengan mengaktifkan USB Debugging pada perangkat kamu. 
 
Mengaktifkan USB Debugging
 
  1. Pada Nokia 6.1 Plus, silahkan kamu masuk ke halaman Settings >
  2. Masuk ke System > About Phone > Build number
  3. Tekan Build Number 7 kali sampai kamu melihat pesan You are now a developer.
  4. Selanjutnya, silahkan masuk ke System > Advanced > Developer options > Enable USB Debugging
  5. Setelah semuanya disiapkan dan USB Debugging diaktifkan, silahkan kamu beralih ke PC yang sudah kamu siapkan.
Cara Menggunakan Script Debloater
 
Pada dasarnya langkah ini sudah saya tulis pada halaman GitHub berikut, namun ada baiknya saya juga kembali menulisnya pada halaman blog ini. Berikut langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download ADB Fastboot Portable dari Link diatas. 
 
Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu Extract file .zip tersebut dan simpan seluruh isi didalamnya dalam folder bernama adb (pastikan seluruh file didalamnya lengkap, sesuai dengan apa yang ada didalam file .zip sebelumnya). 


Langkah 3. Selanjutnya, silahkan kamu download Script pada link diatas, dan masukkan file script tersebut pada folder adb yang telah kamu buat sebelumnya. 


Langkah 4. Selanjutnya, silahkan kamu hubungkan Nokia 6.1 Plus kamu melalui kabel USB, pastikan juga bahwa USB Debugging sudah kamu aktifkan sebelumnya. 

Langkah 5. Selanjutnya, silahkan kamu double click pada file Script yang telah kamu download sebelumnya, (kamu disini mungkin akan mendapati pesan di Nokia 6.1 Plus kamu, silahkan klik pada 'Always allow this PC' dan klik OK untuk melanjutkan. 
 
*Jika kamu menemukan pesan peringatan Windows Smart Screen seperti berikut, silahkan klik pada More Info dan klik Run Anyway, saya pastikan ini aman, karena saya yang build sendiri. 
 
 

Langkah 6. Silahkan kamu ikuti saja apa yang diminta pada Script yang tampil, beruntungnya, semuanya sudah bahasa Indonesia hehehe. 

Tepat seperti pada gambar diatas, pertama setelah perangkat kamu berhasil terhubung, kamu akan diberikan informasi mengenai Firmware kamu, dan sedikit kata kata pemanis khusus untuk kamu yang cewek. wkwkwk, untuk melanjutnya, silahkan klik tombol apapun di Keyboard.

Setelah itu, kamu akan diberikan beberapa opsi seperti pada gambar diatas, untuk menghapus, silahkan masukkan nomer 1 untuk Debloat, untuk mengembalikan apa yang dihapus silahkan masukkan nomer 2 untuk Rebloat.

Jika kamu memilih Debloat, atau Rebloat, kamu akan diberikan opsi seperti pada gambar diatas, untuk kamu pengguna Nokia 6.1 Plus, silahkan kamu klik Evenwell terlebih dahulu, dan ikuti proses sampai selesai, perlu diperhatikan, pada proses penghapusan Evenwell mungkin kamu mungkin akan mendapati pesan Failure dan Nokia 6.1 Plus kamu akan Reboot, itu wajar, silahkan kamu ulangi langkah Debloat Evenwell kembali, dan harusnya itu akan Success semua.

Jika proses sudah selesai, silahkan kamu Restart, ikuti saja apa yang diperintahkan Script tersebut, karena pada dasarnya saya sudah mencoba membuat Script tersebut agar mudah dipahami oleh banyak orang dengan mengalih bahasakan script tersebut. 

Untuk menghapus Babe dan PicMix

Kamu cukup mengikuti langkah yang sama, namun pada pilihan Debloat, silahkan kamu pilih nomer 3 untuk menghapus Babe dan PicMix. 

Silahkan ikuti saja apa yang diperintahkan script tersebut, sampai proses restarting selesai. Nah umumnya, dengan menggunakan Script tersebut, kamu sudah menghapus bloatware yang ada di Nokia 6.1 Plus, baik itu aplikasi Evenwell, Babe, atau PicMix. 


Kekurangan

Sampai sekarang, bahkan setelah aplikasi Evenwell, Babe dan PicMix terhapus, saya tidak merasakan masalah apapun dan system sangat stabil. 

Namun jika seandainya kamu memiliki masalah, kamu bisa mengembalikan apa yang dihapus dengan opsi Rebloat yang tersedia. 



 
Untuk informasi mengenai F.A.Q, Fork, dan lainnya, silahkan kamu lihat pada halaman  github saya berikut. 
 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghapus Bloatware di Nokia 6.1 Plus (Tanpa Root)"