Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Internet Lambat di Perangkat Android Tapi Cepat Jika Untuk Tethering

Salah satu alasan saya ingin melakukan Hard Reset di Nokia 6.1 Plus yang saya gunakan adalah karena masalah Internet, entah kenapa ketika saya sedang browsing di Google Chrome, rasanya lambat banget bahkan hanya untuk membuka halaman Google sekalipun. 

Jika ada yang bertanya masalah jaringan, saya rasa tidak karena bahkan dengan koneksi 3G saja kecepatan download tembus sampai 17 Mbps dan itu sudah cukup banget hanya untuk Googling. 


Selain seperti yang dapat kamu lihat diatas, saya menggunakan simcard telkomsel dengan sinyal 3G dan bahkan ketika saya tethering di Laptop, semuanya lancar, aman dan cepat seperti biasa, hanya saja anehnya hanya di perangkat Android saya saja internet super lemot. 

Dan bersamaan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukan langkah perbaikan yang saya coba lakukan pada perangkat Android Nokia 6.1 Plus yang saya gunakan. Perlu diperhatikan hasil bisa saja berbeda tergantung versi OS dan type perangkat. 

Melakukan Reset Network

Langkah pertama yang saya coba adalah melakukan Reset Network Settings, dan saya rasa hampir semua blogger dan website pasti menyarankan melakukan langkah ini, dan berikut adalah langkahnya. 

Untuk di Nokia 6.1 Plus berikut adalah langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama buka Settings > System > Reset Options > Reset WiFi, Mobile and Bluetooth. Tepat seperti pada gambar dibawah.  


Langkah 2. Setelah itu kamu akan dimintai Pin perangkat kamu, silahkan saja masukkan pin tersebut, jika sudah selesai maka secara otomatis Android akan melakukan Reset Network pada perangkat kita. 

Namun apakah masalah langsung selesai dengan melakukan langkah diatas?, sayangnya dalam perangkat saya, langkah diatas gagal mengatasi masalah. (Mungkin untuk perangkat kamu bisa, silahkan saja coba). 

Karena masalah masih ada, saya mencoba beberapa hal lain, melakukan Update OS, tapi sudah dalam posisi paling terbaru, melakukan Update Aplikasi, sama juga sudah dapat versi terbaru semua, melakukan clear cache baik melalui Settings atau Recovery Mode sama saja tidak membuahkan hasil apapun. "Sial" ucap saya waktu itu. 

Penyelesaian Lainnya

Selain melakukan langkah diatas, karena masih gagal dan masih gagal terus, saya mencoba beberapa langkah lain, seperti mengganti Browser dari Google Chrome ke Opera dan hasilnya masih gagal, mencoba melakukan reinstall pada beberapa aplikasi system di Nokia 6.1 Plus saya, dan masalah masih tetap ada. Sampai saya bingung kenapa hal ini bisa terjadi pada perangkat saya. 

Semua langkah diatas anehnya gagal untuk perangkat saya, namun apa yang saya sebutkan bisa saja kamu lakukan dan semoga saja bisa mengatasi masalah kamu semua. 

Langkah yang berhasil pada perangkat saya?

Sampai saat ini hanya melakukan Hard Reset lah yang berhasil memperbaiki masalah yang saya alami, namun tidak beberapa lama masalah muncul kembali. Aneh sekali, sangat aneh sekali. 

Saya juga sudah mencoba berpindah dari jaringan 2G, 3G dan 4G, berpindah lokasi dari daerah A ke daerah B dan hasilnya tetap sama. Maka bisa saja pada perangkat saya ini masalahnya memang dari si Android itu sendiri, padahal untuk tethering ke Windows 10 dan Linux semuanya normal dan cepat. 

Semua langkah diatas memang gagal pada perangkat saya namun tentu bisa saja berhasil pada perangkat kamu semua, silahkan dicoba ya. 


Penyebab Masalah dan Penyelesaian Lainnya

Setelah melakukan investigasi lebih jauh, ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah tersebut, dilansir dari Android Exchange, ternyata ada salah satu pengguna yang mengalami masalah yang sama dan berikut saya kutip pertanyaan pengguna tersebut. 

"Internet fast when sharing via hotspot or tethering but slow on the device itself" tanya pengguna di Android Exchange. Jika di alih bahasa-kan pertanyaannya adalah seperti ini. "Internet cepat ketika dibagikan melalui Hotspot atau Tethering, tapi lambat pada perangkat itu sendiri". Dan itu sangat sama dengan kasus saya disini.

Usut punya usut, ternyata masalah disebabkan oleh adanya sebuah adware tingkat system yang cukup buruk dan membuka koneksi terbuka ke server mereka sehingga menyebabkan DoS Attack pada perangkat pengguna, biasanya ini terjadi di perangkat china (dalam kasus ini Nokia 6.1 Plus yang saya gunakan memang dibuat di china). Namun disini saya bingung Adware yang mana karena saking banyaknya aplikasi bawaan system yang saya tidak tahu apa. 

Selain itu alasan kenapa Internet cepat di perangkat lain adalah karena Gateway jaringan perangkat sendiri berbeda dari gateway untuk wifi dan hotspot bluetooth, sehingga perangkat lain yang terhubung menjadi tidak terpengaruh.

"So, I have discovered the cause of this problem... the darn chinese brick is riddled with vendor's own poorly written system level adware. It constantly opens connections to it's servers which turns into a DoS attack on the device itself, akin to shooting your neighbor's house with a bazooka through your own door's keyhole. The device's own network gateway is differerent from the gateways for wifi and bluetooth hotspots, so those are unaffected." Jawab salah satu pengguna. 

Mengatasi Masalah Dengan Aplikasi Firewall

Untuk memperbaiki masalah ini dan sekarang berhasil untuk saya sendiri adalah dengan menginstall dan menggunakan aplikasi Firewall bernama No Root Firewall, dan dengan itu masalah kini telah selesai. 


Selain itu karena sudah mengetahui masalah yang disebabkan perangkat saya ini, ternyata menggunakan VPN juga bisa mempercepat koneksi diperangkat saya tersebut. 

*Perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat yang dibangun di China itu buruk, dan tidak semua tipe juga mengalami kasus yang sama seperti saya, bahkan bisa saja ini karena keberuntungan saya yang buruk karena memang sejak pindah dari Bandung saya disini tidak pernah menemukan koneksi WiFi.  

Sekian artikel kali ini, sampai sekarang saya hanya menemukan dan memperbaiki masalah tersebut dengan langkah diatas saja, silahkan kamu coba semuanya satu persatu karena bisa saja masalah dapat diatasi dengan langkah tertentu seperti yang sudah saya sebutkan diatas. 

Apakah mungkin ini pertanda saya harus ganti perangkat dari Android ke iOS?... hmmm pertanyaan menarik, kita lihat saja tahun depan. 

*Artikel ini bertujuan baik dan ditulis berdasarkan pengalaman saya sendiri, tidak ada maksud untuk menyinggung vendor, orang, komunitas dan hal lainnya. Terima kasih. 




Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengatasi Internet Lambat di Perangkat Android Tapi Cepat Jika Untuk Tethering"