Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Upload to Mega di Context Menu Windows 10


Baru baru ini saya tertarik untuk menggunakan layanan file hoster Mega, selain ukuran versi gratis yang ditawarkan cukup besar yaitu sekitar 50 GB, harga untuk langganan paket tambahannya sendiri cukup mudah dengan jumlah storage dan transfer kuota yang cukup memuaskan. 

Nah singkat cerita, setelah membeli paket Lite Pro dan menginstall Mega Sync di Windows 10 Enterprise LTSC 2019 yang saya gunakan, ada satu hal yang menurut saya cukup ganggu dan tidak pernah saya klik sekalipun, yaitu munculnya "Uplad to Mega" pada Context Menu Windows 10 yang saya gunakan ini. 


Nah karena tidak pernah saya klik dan tidak pernah saya gunakan, kenapa tidak kita hapus saja?, namun ada masalah besar nih, karena ternyata di pengaturan aplikasi Mega Sync sendiri, tidak ada opsi untuk mengaktifkan/ menonaktifkan fitur ini, dan tentu dengan itu kita harus mengulik lebih dalam.

Tapi saya ingat dengan satu hal, yaitu registry editor, dimana tool ini adalah salah satu tool favorit saya di Windows untuk hal ulik mengulik, dan berikut adalah Cara Menghapus Upload to Mega di Context Menu Windows 10. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Registry Editor. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu hapus Key MEGA (Context Menu) yang berada di beberapa directory berikut : 

HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell
HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers
HKEY_CLASSES_ROOT\AllFileSystemObjects\ShellEx
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shellex\ContextMenuHandlers


Nah caranya mudah banget kan, kamu cukup hapus saja Registry Key MEGA (Context Menu) pada directory yang saya sebutkan diatas, total dari kasus saya ada 3 Registry key serupa dan diantaranya berada di HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\ lalu di HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell dan di HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell, didalam kasus kamu mungkin lokasinya berbeda, namun harusnya tidak akan jauh dari beberapa Directory diatas. Jadi silahkan di cek guys. 

Setelah kamu hapus, ada baiknya kamu melakukan Restart Explorer.exe atau merestart Windows 10 kamu, setelah proses restart tersebut selesai, kini Upload to Mega sudah menghilang dari Context Menu, Yeaaaahhhhh!


Nah silahkan dicoba guys, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghapus Upload to Mega di Context Menu Windows 10"