Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamera Tidak Berfungsi Ketika Google Meet, Cek Beberapa Hal Ini!

Sudah cukup lama saya tidak menulis di Blog Sayugi, pertama tama saya sudah menuliskan alasannya pada halaman blog pribadi saya yang dapat kamu akses pada halaman berikut. Saya minta maaf yang sebesar besarnya karena sudah cukup lama meninggalkan blog ini, karena ternyata pekerjaan saya didunia nyata cukup banyak dan makin melebar, bahkan keluar dari Job Desk utama saya. 

Nah sebagai artikel pembuka setelah sekian lama saya tidak menulis, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan sebuah tips jika seandainya kamera tidak berfungsi ketika melakukan Google Meet/ Zoom atau rapat online lainnya, dan berikut adalah hal hal yang perlu kamu cek. 

Cek Pengaturan Privasi Windows 10

Di Windows 10 atau Windows 11, kamu perlu mengecek apakah Kamera sudah kamu aktifkan pada bagian Privasi, di halaman Settings > Privacy > Camera, pastikan "Allow apps to use camera" kamu aktifkan. 


Jika ternyata sudah aktif, kedua kamu bisa mengecek poin kedua berikut. 

Cek Pengaturan Camera Protections di Antivirus Yang Kamu Gunakan

Nah disini saya menggunakan Kaspersky Internet Security, dan di antivirus ini ada sebuah fitur Privacy Protections yang jika diaktirkan akan mengecek bahkan mematikan akses kamera dan mic seandainya diperlukan. 

Di Kaspersky Internet Security, kamu bisa masuk ke Privacy Protections > Webcam Protections > pastikan Bloc access to webcam for all applications kamu nonaktifkan. 


Untuk antivirus lain silahkan disesuaikan saja ya kawan kawan. Dan jika poin pertama dan kedua ternyata gagal, silahkan kamu cek poin ketiga berikut ini. 

Cek Pengaturan Kamera di Browser

Untuk poin ini kadang memang jarang sekali diperhatikan, dimana kamu harus dan wajib mengaktifkan atau memberikan ijin ke perangkat kamera, silahkan cek pada icon gembok di address bar, apakah akses kamera sudah kamu ijinkan / allow, jika belum silahkan kamu ubah dan ijinkan akses tersebut. 


Nah tiga hal tersebut adalah tiga hal yang patut kamu cek dari system, jika seandaina kamera tidak berfungsi untuk menjalankan Google Meet. 

Jika seandainya masih tidak berfungsi, kamu bisa melakukan reload browser / tab Google Meet / Zoom kamu, dan seandainya masalah masih ada silahkan kamu coba ganti port usb dimana Webcam kamu terpasang, dan jika masalahnya masih ada, kemungkinan Webcam kamu memang rusak atau perlu diganti. 

Nah itulah beberapa hal yang biasa saya cek jika ada masalah dengan webcam di tempat dimana saya bekerja, jadi silahkan dicoba sendiri guys, dan semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Kamera Tidak Berfungsi Ketika Google Meet, Cek Beberapa Hal Ini!"