Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Terhindar Dari Tindakan Hacking



Selaku seseorang yang bekerja sebagai Staf IT, saya sudah cukup bosan mendapatkan pertanyaan mengenai akun Facebook yang tiba tiba tidak bisa dibuka, beserta email dan nomer handphone recovery telah diganti. 

Beberapa orang bahkan bertanya, apakah saya bisa melakukan hacking kecil kecilan untuk mengembalikan akun mereka, padahal nyatanya hal tersebut sangat sulit dan tidak semudah di film film yang tampil dilayar kaca. 

Sebelum masuk ke Tips, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai hal ini, dan kenapa hal ini bisa terjadi?, jadi biasanya para pengguna sembarangan klik sebuah link yang dibagikan kemudian mereka sembarangan mengisi form login diluar dari www.facebook.com, tentu hal tersebut bisa mengakibatkan kehilangan akun, karena secara langsung, username dan password yang pengguna isi diluar web Facebook, akan tersimpan di situs yang pengguna isi. 


Nah langsung saja, berikut adalah Tips Terhindar dari Tindakan Hacking. 

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah 

Paling penting dan paling utama, meskipun verifikasi dua langkah ini terkesan ribet karena kita harus mendapatkan sebuah OTP baik melalui email dan sms, namun nyatanya metode ini adalah ujung tombak keamanan, karena meskipun si hacker sudah mengetahui username dan password pengguna, tanpa kode OTP yang harus didapatkan terlebih dahulu. 

Gunakan Kombinasi Password Super

Yang kedua, kamu wajib sekali menggunakan password kombinasi huruf, angka dan karakter unik, dan tentunya jangan pernah kamu gunakan password yang sama disetiap akun yang kamu miliki. Misalkan contoh seperti ini (bajingankeren212wirosableng@@@!)

Jangan Klik Sembarangan Link

Yang ketiga adalah bagian dari pengguna itu sendiri, usahakan pengguna tidak sembarangan klik link yang mengarah pada form pengisian login yang mana biasanya didalamnya kita diminta untuk melakukan input username dan password. 

Hal ini sendiri seperti yang telah saya sampaikan dalam postingan blog saya, dimana ini menjadi salah satu penyebab utama akun seseorang diambil alih. 


Jangan Lupa Logout

Jika kamu login akun disuatu tempat atau perangkat yang bukan milik kamu sendiri, pastikan untuk logout ketika sesi telah selesai, misalkan kamu login di warnet, setelah selesai pastikan kamu logout untuk menghindari adanya kemungkinan pencurian data. 

Nah tiga hal diatas adalah lini terdepan untuk menjaga keamanan akun kalian, untuk metode advanced nya sendiri sebenarnya masih panjang, mulai dari menjaga aplikasi yang terinstall untuk menghindari adanya kemungkinan keylogger, menghapus cache setiap browser yang pernah login, dan lainnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan tolong, keamanan akun kalian ini sebenarnya ada ditangan kalian sendiri, tetap waspada, karena tidak pernah ada yang aman di dunia internet ini. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Tips Terhindar Dari Tindakan Hacking"