Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka dan Menggunakan Ventoy di Linux




Di WinPoin saya pernah membuat artikel mengenai Cara Membuat Banyak Bootable Instalasi OS Dalam Satu Flashdrive Dengan Ventoy, dimana bagi yang belum tahu nih, dengan aplikasi Ventoy, kita bisa menjadikan satu buah flashdrive menjadi multiple bootable usb yang bisa kita isi dengan banyak OS, misalkan Ubuntu, Windows 10, Windows 11 dan OS lainnya selama flashdrive tersebut memiliki ukuran yang cukup besar. 

Nah untuk di Windows caranya mungkin sudah bisa kamu lihat pada halaman WinPoin terkait berikut, namun bagaimana jika kamu adalah pengguna Linux?, tenang guys, Ventoy juga mendukung Linux kok, dimana kita bisa menggunakan aplikasi ini juga di Linux, sama seperti di Windows. Hanya saja memang ada sedikit perbedaan cara pakai, dimana di Linux tidak langsung klik seperti di Windows. 

Langsung saja deh, daripada kamu penasaran, berikut Cara Membuka dan Menggunakan Ventoy di Linux. 

Langkah 1. Siapkan dulu Flashdrive yang akan kamu gunakan. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu download Ventoy terbaru dari halaman GitHub berikut. Pastikan kamu memilih versi yang Linux ya. 


Selanjutnya kamu akan diarahkan pada halaman GitHub seperti pada gambar berikut. 


Langkah 2. Setelah Ventoy versi Linux kamu download, selanjutnya silahkan kamu buka folder Download, dan Extract file yang tadi kamu download guys. 



Langkah 4. Setelah kamu extract dan isinya sama seperti pada gambar diatas, selanjutnya silahkan kamu buka Terminal, dan selanjutnya silahkan kamu masuk ke directory dimana file yang kamu Extract berada dan kemudian silahkan kamu masukkan perintah perintah berikut. 

sudo ./VentoyGUI.x86_64

Selanjutnya Ventoy akan terbuka seperti pada gambar berikut. 


Untuk menjadikan flashdrive yang kita siapkan sebelumnya menjadi media instalasi dengan Ventoy, silahkan kamu pilih pada Devices pastikan bahwa flashdrive kamu telah terpilih, dan kemudian klik Install. 

Langkah 5. Klik Yes untuk melanjutkan, setelah proses selesai dan status Ventoy in device sudah seperti pada gambar diatas, selanjutnya kamu cukup copy saja file ISO dari Windows atau Linux kamu ke Flashdrive tersebut. 


Jika proses copy sudah selelesai, silahkan kamu coba boot ke flash drive tersebut, nanti kamu akan melihat opsi Instalasi dan Bootable OS yang telah kamu masukkan sebelumnya.

SIlahkan deh kamu coba guys, dan menurut saya Ventoy ini adalah solusi terbaik dan termudah untuk menjadikan flashdrive kamu menjadi media instalasi banyak OS sekaligus. jika kamu ada opsi lain, jangan sungkan untuk komen dibawah guys.

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Membuka dan Menggunakan Ventoy di Linux"